Home > REPORT > Sosok Motor Adventure Touring BMW R 1200 GS

Sosok Motor Adventure Touring BMW R 1200 GS

October 15, 2008 Leave a comment Go to comments

Jakarta 11 Oktober 2008. Ketika saya tiba di CITOS pukul 05.30 dengan maksud bergabung dengan DDOCI (Ducati Desmo Owners Club Indonesia) mengikuti Acara Baksos DDOCI di Mega Mendung, telah hadir disana sebuah motor BMW warna silver dan seorang biker yang berdiri pas di depan lobi CITOS.

Antara percaya atau tidak ketika saya melihat motor BMW tersebut, atau apakah saya yang salah tempat?

Sesaat berhenti dan membuka helm, pria yang punya motor BMW tersebut menghampiri dan berjabat tangan, lalu memperkenalkan diri. Ternyata saya benar, rekan pemilik BMW tersebut akan bergabung dengan DDOCI, hanya saja kali ini ia mengendarai motor BMW Seri G 1200 GS, yaitu salah satu jenis motor berkarakter adventure touring bike yang sering saya amati melalui internet.

Pada artikel ini, saya mengulas ringkas apa yang saya lihat dari sosok motor BMW R 1200 GS yang katanya sangat diminati oleh pasar Amerika Utara (USA). Motor tersebut terlihat masih mengkilap dan bersih tanpa noda, walaupun selang beberapa jam yang lalu, kawasan Jakarta Selatan baru saja diguyur hujan keras. Hm.. saya penasaran.

Info yang saya peroleh, motor BMW R 1200 GS adalah motor sejatinya para ‘adventurer’. Motor ini memiliki feature dengan teknologi modern langsung dari pabrikan motor BMW di German, antara lain memiliki ESA (Electronic Suspension Adjustment). Untuk pemakaian medan yang keras atau medan yang lebih berat telah dilengkapi dengan Enduro ESA. Motor ini juga punya feature ASC (Automatic Stability Control).

Benar juga. Setelah melihat motor ini berjalan, saya dapat mengamati dengan jelas kalau suspensi motor ini memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Ayunan suspensi yang begitu lembut membuat pengendara bagaikan duduk diatas sofa, bukan duduk di motor.

Lewat jalan keriting, jalan kerikil, maupun jalan tikungan semuanya dilalui dengan lembut. Diakui, suspensi asli buatan German adalah kelebihan motor BMW ini.

Dari literatur yang ada, menunjukkan motor seri BMW R 1200 GS ada dua jenis, yang pertama GS biasa dan yang kedua, GS Adventure. Bedanya yang GS Adventure menggunakan roda jari-jari dengan tapak ban model trail. Boleh dibilang yang kelas adventure mirip motor trail. Sedangkan GS biasa menggunakan velg racing atau ‘spoked wheel’.

Sebuah ungkapan menyebutkan bahwa motor ini bagaikan motor-nya Humvee (HUMMER), maksudnya dapat dipakai untuk segala medan atau ‘off-road’ motor bike atau pun ‘all-terrain’ bike.

Ketika diamati lebih dekat, motor ini memiliki kapasitas mesin 1,170CC dengan sistim pendingin udara. Mengusung mesin dua silinder ‘Boxer Twin’ dengan empat katup, bagian luar di lindungi dengan lekukan ‘tubular stell frame’.

Model mesin yang melebar dan putaran roda belakang menggunakan gardan (tanpa rantai) adalah ciri khas dari motor BMW pada umumnya.

Tenaga mesin diklaim bisa tembus 105 hp pada putaran mesin 7,500rpm. Motor yang saya liput ini sudah mengganti silicer knalpotnya dengan merek ‘Remus’. Jadi, bisa dibayangkan tarikan mesin bisa bertambah. Walapun sudah pakai ‘Remus’ namun suaranya masih tetap halus, hal ini sering membuat rekan-rekan DDOCI jadi kaget jika BMW R 1200 GS ini menyalip.

Wah.. yang pasti motor ini kencang sekali. Saya sempat mendengar cerita dari teman-teman DDOCI ketika mereka meluncur ke Puncak Pas Resort, rupanya ada sesuatu yang ‘exiting’ karena terjadi perlombaan singkat diantara bikers DDOCI dengan motor BMW ini. Entahlah.. karena saya tidak melihat langsung karena pada saat itu posisi saya berada di paling belakang.

Ketika melewati jalur pulang di Jalan Tegar Beriman Cibinong Bogor, motor BMW ini sangat melesat dengan cepat, demikian pula tikungan-tikungan Kampung Tengah-Depok dapat dilahap dengan nyaman.

Sebenarnya masih banyak lagi bagian yang masih bisa diulas tentang motor BMW R 1200 GS, demikian pula  berbagai review yang dapat di browising melalui media internet antara lain website www.motorcyle.com.

Belum lagi masalah asesories motor BMW R 1200 GS ini ada banyak sekali jenis ragamnya, mulai dari alat GPS, hand-guard protector, side box, top box, lampu kabut, protector sepatu, dan lain sebagainya.

Dibawah ini adalah beberapa foto dari penulis, menggambarkan cerita yang sesungguhnya di lapangan mengenai keadaan dan seluk-beluk motor BMW R 1200 GS yang diliput pada hari Sabtu, 11 Oktober 2008.

Specification: BMW R 1200 GS

Engine
Type Air-cooled / oil-cooled Boxer twin-cylinder
Displacement 1170 cc
Bore X Stroke 101.0 mm x 73.0 mm
Horsepower 100 bhp @ 7250 rpm
Torque 85 lb/ft @ 5500 rpm
Valve Gear Chain-driven, high cam, OHV, w/adj. rocker arms
No of cylinders Two
Compression Ratio 11.0 : 1
Engine Management BMW Engine Controller – BMS K

Valves per Cylinder

Four
Valves 2 x 36 mm intake / 2 x 31 mm exhaust
Fuel Tank HDPE, internal pump and internal filter
Alternator W 600 Watts @ 14 Volts
Battery V/AH 12 Volts / 14 Amps/hour
Engine Summary The two cylinder flat twin Boxer engine is BMW’s famous, time-tested, signature design. First designed in 1923, its two horizontally mounted cylinders are like a boxer’s gloves punching each other as he enters the ring. The result is a supremely reliable, flexible engine with a low center of gravity and like all twins, excellent torque characteristics. The exposed cylinders offer excellent air cooling and if it’s durability, performance, and bulletproof all-around handling you want, this is your powerplant.
Drivetrain
Clutch 180 mm dry, single plate with hydraulic actuation
Gear Box 6 Speed gear box
Primary Transmission 1:1.823
Gear Ratios
  • I: 2.28:1
  • II: 1.58:1
  • III: 1.26:1
  • IV: 1.03:1
  • V: 0.90:1
  • VI: 0.81:1
Final Drive System Enclosed driveshaft with two universal joints
Final Drive Ratio 2.82:1
Frame & Suspension
Frame Three-part, engine/cast aluminum/tubular steel
Front wheel suspension BMW Telelever
Rear wheel suspension BMW EVO Paralever
Spring Travel front/rear 7.5 inches / 7.9 inches
Ground Clearance 7.3 inches
Handlebar center point angle 62.9 degrees
Brakes
Brake System BMW EVO with partial integral ABS
Front Brakes Two, four-piston fixed calipers
Front Rotor 12.0 inch dual floating rotors
Rear Brakes SIngle, two-piston floating caliper
Rear Rotor 10.4 inch single, fixed rotor
Actuation Hydraulic, DOT 4 fluid type

Wheels & Tires

Front Wheel 2.50 x 19 cast alloy, five double-spoke
Rear Wheel 4.00 x 17 cast alloy, five double-spoke
Front Tire 110/80 x 19 tubeless
Rear Tire 150/70 x 17 tubeless

Dimensions

Overall Length 87.0 inches
Overall Width 36.0 inches
Wheelbase 59.8 inches
Seat height 33.1 inches
Weight – Dry 439 lbs.
Max permissible weight 936 lbs.
Fuel Capacity 5.2 U.S. gallons ; including 1 gallon reserve

The End.

Categories: REPORT
  1. Bimo
    October 16, 2008 at 5:02 am

    Motor idaman ni Om Stip…

  2. October 16, 2008 at 8:04 am

    baru punya jaketnya.. siapa tahu punya motor nyaa…

  3. mbahni
    October 17, 2008 at 2:54 am

    Sy rasa jiwa adventure sejatinya kurang Bro…, Coba lht di you tube BMW GS yg tdk pernah ada action terendam 1/2 badan motor (bs korsleting kali ya…). Lain halnya Africa Twin milik saya yg bs kita lht di you tube kerendam 1/2 badan motor gak mslh tuch…(bukan iri lho tp kenyataan. Maybe lbh murah buat maintenance-nya x ya…jd buat di acak kadul gak mslh, h3..). BTW salut dech ma kecanggihan BMW GS temen ente…

  4. October 18, 2008 at 3:15 pm

    Njirrr …
    Motor idaman Gw nih.
    Darwin kira di Indonesia blum ada
    yang pake GS.

    Pfffttt …
    Asli jadi ngiri ga bisa ‘jalan’ bareng
    sama ni motor x_x

    I`m so love BMW R1200 GS ADVENTURE

  5. hp
    October 22, 2008 at 1:33 pm

    bro stephen, saya terkaget sekali melihat dan mengetahui bahwa R 1200 GS udah beredar di Indonesia. Pernah memergoki sekali “mahluk manis” ini di sekitar Bintaro, tapi sempat ragu. Mungkin yang saya pergoki tipe R1150. Tapi setelah membaca tulisan anda, sepertinya motor yang digunakan Ewan dan Charley di serial Long Way Down ini sudah mulai ada di Indonesia.

    btw bro stephen, kira-kira harganya di Indonesia berapa ya? Dan belinya dimana?
    muchas gracias bro!

    ps: I love BMW R1200GS!!!!

  6. October 22, 2008 at 3:45 pm

    @ hp,
    Itulah kenapa artikel ini dibuat, kehadiranya di Indonesia membuat saya juga surprised.
    Bicara harga? Yg punya menambahkan beberapa asesories. Jadi kalo harganya ditotal akan lebih surprised. Dari pada salah nyebutin harga, mendingan link ke sini aja:
    http://www.motorcycle.com/manufacturer/bmw/2008-bmw-r1200gs-review-78529.html
    Belinya dimana? Mungkin pesan via Singapore.
    Yang punya masih dirahasiakan..🙂

  7. November 13, 2008 at 1:16 pm

    wow, pertama kali kagum sama niy motor pas ntn Long Way Down nya Nat-Geo.

  8. November 26, 2008 at 2:37 pm

    Udaah coba om pake GS adventure Tapi Yang Tahun 1998 berat sama kaya Honda Africa Twin,kurang kali…buat di indonesia .Agak mending KTM 640 LC4,
    gosipnya HP2 sekarang top rank.Katanya motor impian para jawara adventure
    sampe ikutan redbull Rumaniac …gile BMW vivia….BMW

  9. drn31
    December 12, 2008 at 4:50 pm

    Sumpah… gw ga bakal beli mobil demi beli BMW GS 1200…

    Gw naksir berat… gw bersumpah ga bakal beli mobil… impian gw cuma 3 di dunia ini..

    1. nikahin cewe gw
    2. nerusin S2 di Jerman
    3. BMW GS 1200 S.

    Semoga semuanya terkabullll

  10. January 9, 2009 at 8:58 pm

    ak ga sengaja dijalan liat 2 biker autralia lewat jogja pake bmw f 800…wah edan suara mesin lmayan gede jga…mo ngejar pengen lai dari deket eh malah di tinggal jauh…heee

  11. March 26, 2009 at 5:53 am

    Ini memang motor impian.. keren banget! Paling cocok buat jalanan di Indonesia yg makin banyak rusak dan makin banyak polisi tidur…. hahahaa…
    ADA website khusus motor ini di : http://www.xplorgs.com/

    salam

  12. April 25, 2009 at 5:15 pm

    Motor impiyan.. Kalau di Bandung pernah liat sekali R1150GS Adventure.. punya nya om JJ Polnaja.. ngiler..

  13. Denhas
    July 24, 2009 at 9:44 am

    BMW 1200GS ga ada tandingannya!!! kenapa para biker selalu mengandalkan ni motor utk keliling dunia ya karena kehandalannya baik mesin,body’nya n performanya. kagak pernah denger tuch biker keliling dunia pake ducati multistrada 1100S.

    tapi kalo biker keliling dunia pake BMW GS sering denger bgt,termasuk bro JJ Polnaja asal bandung yg jelajah dunia pake BMW GS. nah semakin terbukti bgt BMW GS sampai saat ini memang motor satu2nya andalan turing keliling dunia.

    Nb: pertama kali saya liat secara fisik BMW 1200GS punya’nya bro Yudi IMBI Surabaya,mantap bgt. belum berani nyobain,takut kaki ane kagak nyampe tanah… hehehehehe ^_^

  14. July 24, 2009 at 9:49 am
  15. Denhas
    July 24, 2009 at 10:27 am

    tenkyu bro stephen langitan atas linknya. saya juga selalu ngikutin berita bro JJ Polnaja.

  16. robbymilo
    July 24, 2009 at 3:49 pm

    Gak nyampe huhuhu.. kemarin nyoba pake… pas setop langsung cari trotoar…. wakaka.. **derita biker dengan tinggi 162 CM**

  17. cecep
    September 13, 2009 at 3:49 pm

    dua jempol deh utk nih motor….
    ckckckckck

  1. October 15, 2008 at 3:06 pm
  2. November 10, 2008 at 2:11 pm
  3. August 3, 2009 at 5:36 pm
  4. August 6, 2009 at 11:39 am
  5. July 10, 2015 at 4:53 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: