Home > REPORT > Golden Retriever: Bagaimana Memiliki dan Merawatnya

Golden Retriever: Bagaimana Memiliki dan Merawatnya


Jakarta, 4 Oktober 2008. Menyusul tulisan kami mengenai anjing “Golden Retriever” pada artikel sebelumnya, dan ternyata ada beberapa e-mail japri (jalur pribadi) yang menanyakan kepada kami bagaimana cara memiliki, memulai dan merawat anjing “Golden Retriever.”

Untuk memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut maka pada kesempatan ini penulis kembali menyusun artikel mengenai anjing “Golden Retriever” yang sekiranya beberapa tips berikut ini dapat memberikan masukan yang bermanfaat.

Prinsip Dasar

Pada prinsipnya sangat sederhana, namun tidak semudah yang dibayangkan. Yang paling penting bahwa pemilik adalah “penyayang binatang.”

Ini penting! Jika anda adalah seorang, atau dari keluarga yang bukan penyayang binatang, mungkin saya bisa katakan akan sulit. Artinya “ngapain lagi mau-maunya punya hewan peliharaan dirumah kalau pada dasarnya tidak begitu suka dengan hewan/binatang.”

Jika sebuah rumah dihuni oleh beberapa orang, bisa jadi diantara mereka ada yang tidak suka dengan hewan peliharaan dirumah. Nah, disinilah tugas pemilik bagaimana ia bisa mengatasi perbedaan dan juga ia harus bisa melakukan sosialisasi tentang keberadaan hewan peliharaan dirumahnya.

Anjing peliharaan “Golden Retriever” harus bebas, dan betah tinggal bersama semua para penghuni atau anggota keluarga dirumah. Sebaiknya ia bebas, tidak diikat atau dikurung, tapi mungkin juga ia perlu diikat atau dikurung hanya untuk beberapa saat. Yang penting janganlah dikurung atau diikat seharian, karena anjing tersebut tidak akan bisa berkembang.

Jika, majikan tidak berada di tempat, maka setidaknya pembantu rumah (PRT) bisa juga memberi makanan sekaligus merawatnya. Pola makan yang diberikan harus teratur dan tepat waktu. Anjing harus dibiasakan membuang kotoran di halaman rumput atau diluar rumah. Lagi-lagi hal ini tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Ada berbagai kerepotan bakal hadir menemani anda.

Jika masih ingin serius memelihara anjing “Golden Retriever,” maka sebaiknya dimulai dengan “Prinsip Dasar” tersebut diatas. Jika tidak, dan masih tanggung-tanggung, baiknya sih jangan diteruskan. Karena biasanya anjing tidak akan betah, kemudian ia bakal sering sakit dan akhirnya pun bisa cepat mati.

Tips Membeli Anjing Golden Retriever

Semua orang bisa membeli anjing “Golden Retriever” dimana saja. Sebaiknya ambil ketika masih berusia diantara tiga s/d dua belas bulan, karena di usia ini anjing lagi lucu-lucunya. Tapi di usia inilah yang sering kali bikin gemas orang, karena anjing ini suka sekali menggigit sepatu dan benda lainnnya karena pertumbuhan giginya.

Sebelum membeli, atau mengambil anjing yang akan menjadi pilihan, harap memperhatikan beberapa hal penting.

Pertama, mempelajari surat-surat yang dikeluarkan oleh PERKIN (Perkumpulan Kinelogi Indonesia) atau The All Indonesia Kennel Club. Menjadi anggota PERKIN juga sebagai anggota FCI (Federation Cynologique International).

Kedua, memperhatikan nomor tato pada bagian dalam kuping anjing tersebut.

Ketiga, menanyakan masalah vaksinasi yang sudah pernah dilakukan.

Harap memperhatikan halaman kedua (halaman dalam) lembaran Surat Silsilah PERKIN tersebut, karena disitu akan jelas ditulis mengenai nama tirah, nama anjing, no. PERKIN, no. tato, tanggal lahir, keterangan nama generasi pertama, nama generasi kedua, nama generasi ketiga dan ke-empat.

Berdasarkan surat PERKIN tersebut, maka hal ini memudahkan pemilik untuk melakukan kawin/perjodohan dengan anjing “Golden Retriever” lainnya. Keterangan silsilah atau keturunan akan membantu pemilik menghindarkan perkawinan anjing “Golden Retriever” dengan keturunan dalam satu generasi.

Namun hal yang lebih penting dengan adanya surat PERKIN, pemilik boleh bangga kalau anjingnya adalah sah dan bukan memiliki anjing sembarangan. Karena belakangan ini banyak orang yang mengaku anjingnya adalah “Golden Retriever,” tapi tidak punya surat-surat lengkap. Catatan: Anjing curian biasanya tidak akan memiliki surat Perkin.

Contoh lembaran Perkin:

Contoh Tato dan Nomor Tato:

Tips Merawat Anjing Golden Retriever

Selanjutnya tinggal bagaimana pemilik membuat akrab dengan hewan peliharaannya. Anjing jenis “Golden Retriever” termasuk anjing manja, suka caper (cari perhatian) dan juga sensi (sensitif/mudah merajuk), apalagi kalau pemilik telah berpaling dan tidak pernah memperhatikan dirinya lagi.

Pokoknya ia akan sangat jinak dan jadi penurut kepada siapa saja yang rajin memberi makan, membawa jalan-jalan, membawa tidur sampai ke dalam kamar tidur yang ber-AC. Sepanjang ada orang yang mau memberikan kenikmatan padanya, maka anjing ini pun akan mudah diatur.

Bagaimana memulai melatih, sebenarnya cukup dimulai dengan menyuruh duduk (seat), keluar ruangan (out) dan bersamalaman (shake-hand). Jika ingin lebih dari itu, sebaiknya menggunakan pelatih ahli, tetapi sayang jika ajing tersebut harus di karantina dalam masa pelatihan tersebut.

Anjing “Golden Retriever” termasuk anjing yang suka dengan air, sekalipun dengan air hujan. Jika ia sedang kepanasan, biasanya ia akan masuk ke ruangan ber-AC atau masuk kedalam kamar mandi basah.

Jika sedang dibawa jalan-jalan, ikut jogging sampai kehausan, maka ketika ia melihat air maka tak segan-segan ia langsung duduk selonjor ditempat basah. Oleh karena itu, anjing ini sangat mudah dimandikan ketika hari lagi panas terik.

Mandi menggunakan shampoo dan gosok gigi adalah kebiasaan yang harus dilakukan. Setidaknya ia harus dimandikan dalam waktu seminggu sekali.

Perhatikan waktu vaksinasi dan jangan sampai lupa. Konsultasikan masalah ini langsung dengan dokter hewan terdekat.

Memberikan makanan harus teratur. Ini peting agar mendapatkan berat badan yang ideal. Tentukan jam berapa dan jatah makan. Sebaiknya diberi makanan berkualitas dengan takaran secukupnya.

Untuk anjing “Golden Retriever” yang kami miliki saat ini, berat badannya sudah 35 Kg, usia 24 bulan dan kami berikan takaran makanan 150 gram untuk makan siang dan 150 gram untuk makan malam (dua kali sehari). Untuk sarapan pagi, diberikan dua s/d tiga slice roti tawar.

Jangan biasakan memberikan sisa makanan atau junk yang akan membuat ia menjadi kebiasaan mencari makanan sisa atau sampah. Menyediakan air putih yang banyak adalah solusi yang baik untuk mempertahankan berat badan ideal. Jika badan anjing sudah terlalu gembrot, maka mengurangi jatah makan adalah sebuah cara, atau mungkin saja membiasakan ia ikut berolah-raga (jogging).

Anjing Perlu Olah-Raga

Tidak hanya manusia yang perlu olah-raga, tetapi anjing “Golden Retriever” ini juga perlu olah-raga. Ia senang berlari-lari jika ditemani oleh majikannya. Berikan ia kesempatan untuk mengenal alam lingkungan disekitar rumah, artinya anjing tersebut jangan selalu dikurung dirumah.

Pertama, biasakan dulu berjalan kaki bersama majikan dengan cara anjing diikat. Tuntun anjing kesemua pelosok dan biarkan ia mencium semua sudut dan tempat agar lingkungan dapat dikenali olehnya. Jika jalan-jalan dilakukan setiap hari, dan mencakup semua pelosok jalan komplek, maka ia pasti sudah bisa mengenali komplek tersebut dengan baik.

Kedua, jika pemilik sudah percaya diri untuk melepaskan, artinya jalan kaki sambil anjing dilepas, maka cobalah hal itu dilakukan. Namun jika pemilik belum PD, maka disarankan untuk membawa tali pengikat jika sewaktu-waktu anjing perlu diikat. Ketika majikan jalan kaki, disarankan pemilik berjalan cepat agar anjing tidak mutar kemana-mana tetapi ia tetap mencari majikannnya.

Ketiga, jika anjing sudah terbiasa di lepas, maka cobalah sang majikan naik sepeda dan liat perkembangan anjing apakah ia akan berlari mengikuti majikan atau ia masih liar (belum jinak).

Dibawah ini adalah-foto yang terekam pada pagi hari, Jumat, 3 Oktober 2008 ketika anjing kami Golden Retriever sedang jogging menemani majikannya yang naik sepeda.

The End.

Related Page:

Golden Retriever: our family member

Part 2: Golden Retriever, Akrab Dengan Manusia

Part 1: Golden Retriever, Anggota Keluarga

@2008: Hak Cipta dilindungi oleh UU yang berlaku. Jika ada yang ingin mengambil atau mengcopy materi, isi, dan/atau foto-foto weblog ini, diminta lebih dulu memberitahukan secara tertulis.

Categories: REPORT
  1. October 18, 2008 at 6:22 pm

    pinter ih anjing nya …
    jadi seneng ngeliat nya.

    Ga kayak anjing biasanya / liar,
    nakal minta ampun. Sampe meresahkan
    masyarakat.

  2. deva
    October 29, 2008 at 3:13 pm

    Lucu juga yaa, jadi pengen punya deah…

  3. arie
    December 6, 2008 at 12:19 am

    keren ya goldennya

    goldenku usia 8minggu

    tipsnya gimana ya,isa smart,patu pada satu orang aj

    makasih…^_^

  4. December 6, 2008 at 12:21 am

    keren ya goldennya

    goldenku usia 8minggu

    tipsnya gimana ya,isa smart,patu pada satu orang aj

    makasih…^_^

  5. December 17, 2008 at 7:51 pm

    mau tanya dong
    ko anjing ku umur 5 bulan
    over aktif banget ya kalo kasih makannya aga telat atau kurang
    apa anjing golden itu memang tenaga nya berlebih ya?

  6. December 17, 2008 at 8:39 pm

    @Arie,
    sering2 aja kasih praktek shake-hand, seat, stand up, stay, come.. itu aja sudah bagus.

    @gitagitut,
    anjing goldie manja, telat makan ngambek.
    soal tenaga tergantung nafasnya, yg pasti ia senang main/becanda.

  7. amanda
    December 27, 2008 at 2:58 pm

    ak pnya anjing…
    br di kasi minta…
    goldie dua ekor
    kenapa yag yang cowonya agag kurang cerdas plus lbih malas di banding yang cwe??

  8. December 27, 2008 at 10:44 pm

    @amanda,
    susah dijawab nih.. setiap makhluk hidup kan punya karakter yg beda2..πŸ™‚

  9. jep
    February 7, 2009 at 9:43 am

    nice2 infonya
    om, minta copy nya ya, untuk arsip pribadi aja, tq.

  10. February 7, 2009 at 9:48 am

    @Jep, silahkan dipergunakan.

  11. Andy
    February 14, 2009 at 11:20 pm

    Iya ni sy juga punya 1 ekor yg betina tp bt bgt krn mabok naik mobil jd susah diajak jalan2 deh, gmn ya biar bisa ilang maboknya,

  12. Anton
    February 20, 2009 at 10:44 am

    Pak, saya baru beli anjing Golden neh umur 4 bulan, cuman saya tinggal di ruko gitu…
    Gimana cara melatih nya supaya bisa buang kotoran pada tempat nya?
    Mohon tips nya…

    Btw, golden di atas bener2 mantap….

  13. February 21, 2009 at 10:02 pm

    @Anton,
    Tidak ada pilihan harus sering dibawa jalan-jalan keluar ruko. Sehari minimal dua kali (pagi/sore/malam). Lama-lama bakal terlatih dan punya kebiasaan kalau buang kotoran ke luar ruko. Kasih sayang terhadap hewan peliharaan setidaknya bisa kita anggap sebagai teman atau penjaga rumah yang setia. Anjing kan juga perlu refreshing, jalan-jalan, buang kotoran diluar, dll..πŸ™‚

  14. March 31, 2009 at 12:50 am

    aihh..
    goldennya pinter banget om..
    anjing goldenku kalo makan, harus ditungguin..
    trus kalo ngeliat kucing dia langsung lari2 ga karuan..
    hahaha…

  15. willy aipassa
    March 31, 2009 at 10:32 am

    Pak..anjing golden sy lahir 23 Maret 2008
    Sy lg diluar kota dan saat ini sy sangat2 kangen dgn “Nenet” anjing golden saya..dia suka ngambek klu sy pergi keluar rumah(memalingkan wajah atau pura2 tidak peduli)..dia suka mengigit perabotan, jd klu sy keluar rumah sy menyiapkan wortel, jagung manis untuk mainanya..

  16. March 31, 2009 at 1:06 pm

    Keisha & Willy,
    Goldie dijadikan teman pasti sangat asyik..
    kami dirumah tiap mau tidur rebutan Goldie..
    biasanya dia akan pilih ke majikan yg paling baik..πŸ™‚

  17. April 6, 2009 at 2:20 pm

    pak..
    golden saya bau sekali, meski dah di mandiin..
    gmn ya caranya supaya ga bau?

  18. Rizki
    April 7, 2009 at 10:55 pm

    oom,golden saya rakus banget…umur 3 bulan…taroh makan abis dan minta terus….yang jadi masalah adalah sehabis konsumsi dia langsung buang…dia enak…saya yang rapiin pusing…gimana niy???

  19. April 8, 2009 at 7:57 am

    @Rizki,
    sama dong.. hehehe.. ini pengalaman yang sama..πŸ™‚

  20. Rizki
    April 9, 2009 at 8:23 pm

    apakah baik memanjakan anjing berlebihan??pengenny siy ga manjain…tapi ga tega…suka pasang muka imut gitu…jadi ga tega…bagaimana cara mengajak dia jalan???anjing golden saya senang dirumah….kalau diajak jalan maunya digendong….

  21. April 10, 2009 at 7:21 pm

    @Rizki,
    wah.. jangan biasakan di gendong. Lepas kan aja.. biasanya Goldie lasak juga minta jalan2..

  22. wayan
    April 22, 2009 at 12:01 pm

    anjing goldie saya umur 5 bulan nakal n jrang bgt maw nurut.dy sering ngaliriin barang2 d rumah.gmn cara ngelatih dy biar bisa shake-hand, seat, stand up, stay, come?thx b4

  23. maria
    April 30, 2009 at 5:06 pm

    aiiiiihH~
    lucu banged deh anjingnya~~
    aku mau minta papa beli ah..

    menggemaskannn ^^ hehe

  24. ruby
    May 4, 2009 at 10:06 am

    halo, mau tanya, anjing golden saya 2 bulan. bau bgt, kapan boleh dimandikan yah? trus seberapa sering? anjing saya boleh makan apa saja selain dogfood? makasiiiiiii

  25. May 4, 2009 at 10:22 am

    @ruby… gampang koq.. kalo mandi langsung aja disiram air, lagian goldie paling suka main air. soal makanan, cukup dogfood aja yg berkualitas, jangan dikasih makanan lain.

  26. andy
    May 7, 2009 at 12:44 pm

    pak, mau tnya dong. saya rencana piara golden utk pertama klinya, mau beli yg umurnya sekitar 4bulanan tpi ga stambum (mungkin ga sempet diurusin tpi bukan curian), kira2 hal2 apa aja yg perlu diperhatikan untuk kesehatannya mulai dri makanan, minuman, apakah kandang perlu? thx

  27. May 11, 2009 at 2:19 pm

    Halo Pak,

    saya punya golden jantan umur 8 bulan namanya Maxi. belum menemukan shampoo yg tepat niy…sering rontok..
    tolong saran shampoo yg cocok dong buat anjing golden..

    thanks sebelumnya,
    wikan

  28. May 12, 2009 at 9:50 am

    @Wikan,
    soal shampoo susah2 gampang..
    silahkan dicoba merek-merel lain,
    yg ada dirumah boleh dicoba juga..

  29. May 24, 2009 at 9:09 pm

    saya punya golden betina 15 bulan, kira2 kapan mensnya ya? apakah harus mens dulu br bisa dikawinkan / ada cara lain? thx

  30. May 24, 2009 at 9:25 pm

    @!mo3L..
    aduh.. ini koq susah ya ketik nama kamu..
    goldie sebaiknya kawin pd usia 2 tahun, dan dikawinkan pada saat goldies sedang mens (maaf, saya lupa hari tertentunya). Silahkan cari literatur melalui buku2 atau komunitas goldie lainnya.

  31. Bowriez
    June 1, 2009 at 6:39 pm

    wah goldienya cakep banget….
    Pak, aku juga punya goldie unsia 5 bulan… selain makanan dry food makanan apa saja yang bisa di berikan untuk so goldie 5 bulan ini…

    lalu bagaimana caranya Bapak mengajarkan dia supaya nurut dan tidak nemplok ke orang….. tolong di share ilmunya ya…

    makasih banyak/bowriez

  32. Hadi
    June 2, 2009 at 1:35 pm

    Gan,

    saya punya golden umurnya baru 1 bulan, katanya dikasih vitamin imboost ama curcuma plus itu bakal ngebantu di napsu makan sama antibody si goldie?

    gimana cara yang baik utk ngajarin si goldie supaya pup dan pee di tempat yang tersedia? apa dengan memaksa dia pup and pee dengan mengurung dia di WC? ato diajak jalan2?

    gimana juga cara ngajarin dia supaya waktu jalan2 dia bisa dilepas bebas ( tanpa tali )? saya ada anjing chihuahua sebelumnya, mungkin karena keterbatasan waktu, saya gagal ngajarinnya. dengar2 kan goldie anjing jinak dan nurut, gmana caranya bkin dia sangat patuh dan jinak?

    trus, vaksin apa yang harus dikasih kalo kita mau nyuntik si goldie?

    o iyah, ngomong2 ngurusin surat lahirnya itu sama minta tattoo gmana sih Gan? anjing saya ras murni tapi lom ada tattoonya, katanya kudu nunggu 2 bulan kah?
    surat lahirnya gmana tuh caranya?

    Thanks ‘n Best Regards,
    Hadi

  33. andryan
    June 5, 2009 at 10:46 am

    hallo , saya punya golden baru 2 bulan. pada umur segitu udah boleh di mandi in lom?

  34. andryan
    June 5, 2009 at 10:52 am

    apa klo air yg di siram kenak kepalanya gpp?

  35. June 5, 2009 at 11:05 am

    @andryan, sebenarnya goldie suka banget main air, jadi dicoba aja disiram dengan air selang.. kalo dia enjoy diterusin aja sambil bermain..

  36. June 5, 2009 at 11:26 am

    @Hadi,
    sorry kelewatan.. banyak banget sih yg ditanya..πŸ™‚
    Eniwei.. goldie 1 bulan masih minum susu.. coba pake susu bayi yg berkualitas atau cornflakes.. biasakan jalan2 keluar rumah sejak kecil pake tali, biar dia betah buang kotoran diluar.. sambil jalan2 keluar dibimbing/diarahkan/dikasih instruksi/ tapi harus sering2, dan lama2 pasti bisa juga jinak.. sekali-kali dilepas dan kalo masih liar ikat lagi.. tuntun ikut rute2 yg beda-beda supaya dia hafal dengan jalan2 sekitar rumah.. kalo vaksin konsultasikan ama dokter, terus masalah surat lahir bisa diurut lewat perkin.. soal kontaknya ntar dicari dulu ya..πŸ™‚

  37. June 5, 2009 at 11:29 am

    @bowriez..
    biar jinak harus sering2 jalan ke luar rumah.. dia makin senang ama orang yg suka nemenin dia jalan.. sekalian ama y suka kasih makan.. kasih instruksi seat, stay, shake hand kanan-kiri.. and go-go-go (maksudnya lari).. paling enak bawa dia jalan2 pake sepeda, tali dilepas.. πŸ™‚

  38. Hadi
    June 5, 2009 at 11:32 am

    thanks Gan,,

  39. Stephanie
    June 7, 2009 at 6:30 pm

    Pak Stephen, tolong tanya..

    Berat badan ideal Golden Retriever 2.5bulan Jantan.. kira” berapa yah?
    Terus.. Sebaiknya Golden Retriever diberi makanan dog food aja ataw kadang dikasi makanan home made juga?
    Kalo dog food yang bagus kira” Eukanuba ataw Pro Plan ya pak?

    Terima Kasih..^^

  40. June 8, 2009 at 5:51 pm

    Stephanie,
    Soal berat badan, yang penting telrihat proportional. Gak kurus dan gak gembrot. Yang panting goldie harus terlihat lincah dan banyak bergerak, suka berlari akan lebih baik. Sebaiknya kasih makanan dog food, kalau home made takutnya kena alergi dari beberapa jenis makanan. Soal merek, sebaiknya dicobain satu persatu dari beberapa merek, perhatikan mana yang paling lahap dimakan. Selama periode test food, beli ukuran pack yg kecil aja. Variasi dari beberapa merek dengan tenggang waktu bulan, juga boleh. Bulan ini coba merek A, kemudian bulan depan merek B, dan seterusnya.

  41. Kezia
    June 10, 2009 at 3:31 pm

    Aku punya golden umurnya 1 tahun, kalau nyikat giginya max atau minnya brapakali trus pake odol atau ga sihhh???
    Trus pas mandiin harus pake air anget ato nggak?

  42. June 10, 2009 at 5:12 pm

    Kezia.. mandi seminggu sekali, plus gosok gigi biasa n pake odol biasa (orang dewasa punya).. mandinya pake air dingin aja.. asal sering2 dibilas.. yang punya goldie juga jgn lupa mandi ya.. hehehe..πŸ™‚

  43. Stephanie
    June 11, 2009 at 6:59 pm

    Terima kasih atas jawabannya Pak Stephen..

    Terus selanjutnya yang ingin saya tanya kan..

    Golden saya uda pernah saya kasi makan home made, terus skrg saya kasih dog food dia uda gak mau lagi makan dog food.. apa memang kalo susah pernah coba home made selamanya tidak mau makan dog food lagi ya pak?
    Terus bagaimana caranya agar golden saya mau makan dog food lagi ya pak ?

    >_______________<

    Terima Kasih sebelomnya ^^

  44. June 11, 2009 at 8:25 pm

    Stephanie, nah ini biasanya goldie minta dog-food nya di kasih kuah, jangan kering-kering, selanjutnya coba dicampur aja dengan kaldu cakar ayam secukupnya.. semoga ini membantu ya..πŸ™‚

  45. Stephanie
    June 12, 2009 at 1:07 pm

    Iya pak, pertama beli saya kasih makan dog food sama air sedikit, kadang kuah juga..

    Terus setelah 1 minggu, tb” goldie saya mogok makan pak, tidak mau makan dog food sama sekali.. kemudian di ganti makanan home made sama orang tua saya..

    Terus sampe skrg uda gak mau makan dog food sama sekali pak.. bagaimana ya caranya supaya goldie saya mau makan dog food lagi?

    Terus gr” makan makanan home made, kok pup nya sedikit sekali ya? dan susah banget kalo mau pup..

    Terima kasih sebelomnya pak..

  46. June 12, 2009 at 1:19 pm

    wah gimana lagi ya??

  47. Yosafat
    June 12, 2009 at 3:25 pm

    P bbrpa bulan yg lalu sya pnya pengalaman agk bruk

    Ank golden sya yg dlu, hanya pnya waktu 3 hri d tgn sya( tpi klo d toko ny seh g tao) truz mati gara2 g mau makan + skit,nah sya takut golden sya yg bru mau d ksh xma sodara mate lge gra2 g mo mkan truz mti

    Gimana neh?????

  48. Yosua
    June 12, 2009 at 3:27 pm

    Hari ke 1 : Anjing dipuasakan , jangan diberi makan sedikitpun dalam waktu 24 jam.

    Hari ke 2-4: Berikan anjing makan dengan porsi ΒΌ dari porsi makan biasa. Beri waktu 20 menit, jika tidak habis segera diangkat.

    Hari ke 5-6 : Bila pada hari ke 2 – 4 anjing sudah menghabiskan porsi makannya, porsi makan boleh ditambah ΒΌ porsi lagi. Jika tidak , tetap berikan ΒΌ porsi.

    Hari ke 7 : Anjing dipuasakan lagi.

    Hari ke 8-13 : Tambah porsi makan hingga ΒΎ porsi makan seharusnya.

    Hari ke 14 : Anjing dipuasakan lagi.

    Hari ke 15 : Berikan makan dengan 1 porsi.

    Selanjutnya tiap hari ke 7 anjing dipuasakan.

    Note:

    Anjing dalam keadaan sehat, terapi ini jangan diterapkan jika anjing dalam keadaan sakit.

    Setiap hari anjing diberikan vitamin penambah nafsu makan.

    Jangan memakai patokan porsi yang tertera pada packing dog food karena setiap anjing berbeda kebutuhannya.

  49. June 13, 2009 at 8:25 am

    Yosua, thanks for your info..

  50. Stephanie
    June 13, 2009 at 2:52 pm

    Thanks Info nya ^^

  51. flora
    June 16, 2009 at 12:05 pm

    artikel yang Anda sajikan membantu saya dalam merawat anjing saya.
    pernah suatu kali anjing saya sakit karena awalnya dia tak berkutu. di rumah saya punya anjing lain yang banyak kutunya, akhirnya si golden saya ini kena kutu, dan sakit karena kekurangan darah.
    yang ingn saya tanyakan, ada tips2 khusus untuk menghilangkan si golden dari kutu? atau setidaknya cara pencegahannya?
    yang kedua, bagaimana cara pemeliharaan kandang yang baik untuk si golden?
    terimakasih atas jawaban Anda.

  52. June 16, 2009 at 8:37 pm

    Flora,
    Kalau anda benar2 sayang ama hewan peliharaan, pastinya cara apapun mau dibelain. Ketika anjing berkutu, ada beberapa cara untuk membersihkannya: pertama disemprotkan dengan spray anti-kutu, kedua diberikan bedak anti-kutu (doris), ketiga, dan hal ini yang paling disukai ama goldie kami adalah anjing dikelitik sampai ia rebahan, kemudian kami mencari kutunya. Kutu diangkat, kemudian dicemplungin ke botol yg sudah diisi dgn minyak tanah/baygon. Yg penting kutu tersebut mati tenggelam di dalam botol tadi. Selamat mencoba.

  53. Eleonora
    June 17, 2009 at 12:32 am

    Golden sy awalnya tidak diikat dan tinggal dlm rumah, tp sejak pindah rumah dia diluar dan diikat. skrg sdh berumur 2.5th, sifatnya jadi UGAL setiap saya lepaskan rantai nya. Milano masih bisa ditrain untuk behave ngak ya? mengingat umurnya yg udah 2.5th, dmn sprtnya karakternya sdh terbentuk sekali.
    Pengen banget milano seperti golden yang diartikel diatas.

  54. Stephanie
    June 17, 2009 at 4:06 pm

    Pak Stephen, Tolong tanya..

    Golden saya skrg dikasi makanan home made [ ati sapi, nasi, telor, kuah kaldu]
    Yang mau saya tanyakan apakah ati sapi dan komposisi makanan seperti itu bole ya untuk golden?
    Terus kalo dikasi makanan kue biskuit Roma Marie, ada kandungan garam di ingridientnya, sama Pedigree Denta Stick juga ada kandungan garamnya, apakah bole di konsumsi oleh golden ya?
    Karena kok sekarang bulu golden saya sedikit rontok..

    Terima Kasih..

  55. June 18, 2009 at 9:59 am

    Stephanie,
    Makanan home made [ati sapi, nasi, telor, kuah kaldu] boleh saja, sebaiknya telor jangan diberikan. Yang kedua jangan kebayakan, yang penting nasi putih dicampur dengan lauk ati sapi atau tulang ayam/tulang sapi/recek yang direbus dalam kuah kaldu.

    Makanan asin jangan pernah diberikan, pokoknya hindari makanan laut dan juga biskuit atau jajanan yang asin. Bulu rontok karena alergi, biasanya dari makanan yang mengandung kadar garam tinggi.

  56. Stephanie
    June 18, 2009 at 5:45 pm

    Terima Kasih pak atas info nya ^^

  57. Stephanie
    June 19, 2009 at 9:44 pm

    Pak Stephen, tolong tanya..

    Hari ini goldie saya, mungkin kepleset ya, tb” waktu kita liat dia uda jalan cm pake 3 kaki, sedangkan kaki 1nya di angkat.. Goldie saya tidak menangis ataupun menyalak.. kita jadi tidak tahu apakah dia kesakitan atau tidak.. kira” goldie saya kenapa ya pak?
    Apakah patah tulang? Sebaiknya apa yang harus kita lakukan pak?

  58. Nic
    June 20, 2009 at 12:38 pm

    pak stepen,anjing ku golden umur 3 bln
    tanya dong cara nyajikan dog food biar goldie lahap gmn ya?
    aku campur sama susu cuman susunya aja yang diminum,trus dog foodnya di tinggal.

    apa iya anjing bisa ganti bulu? kayak sengaja di rontokin??ky ular yg ganti kulit

    thanks

  59. Yoh
    July 2, 2009 at 11:24 pm

    saya mau tanya tips & trick melatih goldie supaya [terpenting] BAB di tmptnya, dan trick2 lain seperti seat,shake hand, stay.

    sebaiknya melatih BAB di luar ru,ah atau di dalam kandang?

    apa merek dogfood buat goldie yg plg disarankan?

    terima kasih

  60. July 2, 2009 at 11:33 pm

    Yohanes, gampang sekali.. sering2 aja bawa jalan keluar rumah. Pagi2 jam 5.00 pagi dan sore menjelang malam sekitar jam 18.30 (usai makan malam) adalah waktu yang pas. Ini kami biasakan setiap hari jalan keluar, dan kebiasaan ini membuat Goldie betah buang air besar diluar rumah. Juga halnya untuk seat, shake dan stay, sering2 aja diperintah, pasti mau juga nurut. Goldie termasuk anjing yg cepat mau belajar dan cepat mau mengerti.

    Goldie jangan sering2 di kandangin, ntar malah jadi Goldie Idiot. Bawa keluar sejak usia 6 bulan asal bisa diikat.

    Soal dogfood, bebas sesuai selera Goldie, merek apa saja bisa dicoba. Beli ukuran pack yg kecil dulu.

    Selamat mencoba.

  61. Kezia
    July 11, 2009 at 9:48 am

    Kalo mau diajak jalan – jalan suruh puasa aja anjingnya sehari itu pas mau diajak pergi,nah pas mau pergi suruh makan bawang putih,kalo ngga mau cekokin aja.

  62. Kezia
    July 11, 2009 at 9:58 am

    Pa Stephen mau nanya nih,
    Anjing aku ko nafasnya bau ya,terus idungnya berair,kira – kira gimana biar nafasnya ga bau sama idungnya ga berair apa anjing aku ada masalah pernafasan.
    Terus kemaren ini anjing aku kakinya kena beling pas diajak jalan – jalan,takutnya ada beling masuk gimana ya caranya bwat ngobatin kakinya apa harus ke dokter ?
    Soalnya dia berdirinya jadi susah – susah gitu terus tadi malem nangis.

    Trims,
    Kezia

  63. Hadi
    July 11, 2009 at 10:10 am

    Pak Stephen,

    Goldie saya umur 2,5 bulan, kok suka gigit2 yaaa.. rumah saya udah kek kapal pecah nieh gara2 smua barang yang diliat, pasti digigit.. padahal saya udah beliin tulang2an yang bisa dimakan dan mainan si Goldie yang dari karet itu..😦 mungkin ada tips n trick buat mencegah gigitan” itu?? trus pas Goldie diajak jalan2 kluar, tanpa tali, kadang2 kok dia kabur2an yaa? ada tips n tricknya juga nggak tuh Om?

    Thanks ‘n Regards,
    Hadi

  64. Stephanie
    July 11, 2009 at 10:23 pm

    Pak Stephen tolong tanya..

    Golden saya Jantan 4 bulan dengan berat badan 11kg.. menurut bapak apakah itu termasuk gemuk, normal, atau kurus?

    Thanks b4..

  65. ifan
    July 23, 2009 at 11:42 pm

    waw….

    om saya mau nanya?

    saya bru beli kira2 umur 1,5 thun

    dan banyak kutunya…. banyak sekali hingga matanya agak redup disebabkan kutu penghisap darah beraksi disekitar matanya.. jadi ada bekas luka gigitan bentol2…

    pakai frontline baiknya sebelum atao sesudah saya mandikan…??

    saya takut dia mati karna kutu… dan penyakit lain..

  66. Benk
    August 4, 2009 at 4:11 am

    om..

    mau tanya neh.. saya punya goldie puppy umur 2 bulan.. dia sukanya gigit-gigit tangan ama barang-barang perabotan rumah.. apakah itu hal yang wajar atau harus diberi pelajaran supaya nggak gigit-gigitan lg… kalo bisa minta tips biar dia gak suka gigit-gigit ma biar bisa ramah… Tq ya om..

  67. August 4, 2009 at 6:48 am

    sudah bener itu.. jadi wajar2 aja kalo giginya gatel..lagi tumbuh. jadi awasi saja barang berharga, sepatu, sendal, karpet, kaki meja, emang suka jd korban. solusinya, kasih goldie tulang-tulangan yg gede sekalian, biar dia puas, gak nyamber yg lain

  68. Andryan
    August 6, 2009 at 4:47 pm

    aduh saya nda bisa ngomong ni…
    masak di ajak jalan malah selonjoran di tgh jalan…
    kalau melihat benda2 asing langsung di gigit
    lalu gimana cara ngajari si goldie buang air di 1 tmpt?
    soalnya suka nda teratur tmptnya
    hmmm…
    kalau di kasih tulang yg direbus atau mentahan?
    plizz help me….=.=”

  69. Andryan
    August 6, 2009 at 4:48 pm

    boleh tau email anda?
    biar enak buat konsultasi si goldie
    hahaha

  70. August 6, 2009 at 4:58 pm

    andryan.. memang seperti itu goldie.. tingkahnya emang suka nyebelin tapi sebenarnya manis.. jd sabar2 aja.. soal buang air emang sih harus dibawa jalan ke luar rumah tiap hari, baiknya pagi hari pkl. 5.00, saat jalanan masih sepi/gelap supaya dia bebas, jg spy aman dari perhatian tetangga, kan gak enak kalo goldie jongkok didepan rumah tetangga trus diliat ama yg punya rumah, bakal diprotes tuh.. hehehe..πŸ˜€

    tanya jawab biar aja disini, biar dibaca ama teman2 yg lain penyuka goldie.. atau gabung aja di facebook: “group golden retriever (indonesia)”, disitu foto2 goldie bisa di upload sesuka anda..

  71. Hadi
    August 6, 2009 at 5:19 pm

    Pak,

    saya udah nurutin anjuran bapak, tapi si goldie malah jadi mesin penghancur….
    sendal saya hancur smua, digigitin sama si goldie..

    tiap ajak jalan2 sore :
    dia mengendus2 jalanan
    dan asal makan2 batu2an dan pasir2 gitu pak…

    kadang2 dia juga jadi pemakan segala…

    saya harus gmana pak?

    Need HElp Mode = ON…

    nb: Goldie saya umur 3,5 bulan..

  72. August 6, 2009 at 5:22 pm

    sabarrrrr.. umur 3.5 bulan emang nyebelin.. tapi lucu kan?? hahaha tunggu sampai 12 bulan.. pasti bisa lacak penjahat teroris.. hahaha *ikutin ketawa alm. mbah surip

  73. Hadi
    August 6, 2009 at 5:28 pm

    lucu tapi nyebelin,,

    soal makan batu dan pasir gmana?? dia jadi omnivora gitu..

    dan masalah drakula penghisap darah,, itu gmana Pak?
    ada obatnya ngga yaa?

    Thanks

  74. andryan
    August 7, 2009 at 11:25 am

    y itu masalahnya….
    masak di ajak jalan malah selonjoran di tgh jalan ko….
    pusing..
    sampe di ketawain satpam di pos dkt rumah
    hahaha
    kalau saya kepingin dia buang airnya di WC gimana y??
    hahahaha
    lalu mulai umur berapa si goldie bisa dilatih??dan kapan si goldie bisa barking ama orang asing?

  75. william
    August 9, 2009 at 7:23 pm

    saya punya golden 21 bln betina. waktu pas 20 bln pertama kali dikawinkan gagal, apakah memang pertama kali susah untuk mengawinkan anjing golden?

  76. August 9, 2009 at 9:00 pm

    Soal usia 24 bln keatas, dan saat kawin si betina subur waktu dlm keadaan haid. Bingung kan? Gw aja jg bingung knapa hrs gitu

    -original message- Subject: [stephenlangitan.com] Comment: “Golden Retriever: Bagaimana Memiliki dan Merawatnya”

  77. Hadi
    August 14, 2009 at 1:56 pm

    Pak..

    Golden itu ada kutunya yaa?? yang hisap darah..
    Cara hilanginnya gmana yah Pak?

    dah gitu dia suka makan batu2 jilat2 pasir kalo diajak jalan2 sore..

    mungkin bisa minta solusinya Pak?

  78. Suhardjo Cang
    August 24, 2009 at 11:17 am

    Pak.. aq py goldie umur 2 bln. Apa udh boleh diajak keluar jalan2 sambil buang pups n pipis? Vaksin cuman sekali. Amannya umur brapa yah boleh dibawa keluar, utk menghindar virus2 lain. Tq jawabannya.

  79. Suhardjo Cang
    August 24, 2009 at 11:23 am

    Pak.. aq py goldie umur 2 bln. Apa udh boleh diajak keluar jalan2 sambil buang pups n pipis? Vaksin cuman sekali. Amannya umur brapa yah boleh dibawa keluar, utk menghindar virus2 lain. Tq jawabannya

  80. andryan
    August 25, 2009 at 10:19 am

    pak,klo goldie saya tinggal di teras rmh dan pups n pipis nya ditaman itu uda sekitar 2 blnan nah kalo di ajak tinggal di dalam rmh apa masik pups n pipis sembarangan?

    nb: goldie saya umur 6 bln

  81. andre
    January 16, 2014 at 3:28 pm

    Maunanya pak saya punya golden usia 1 Th vaksin komlit dan akir akir ini kok perutnya membuncit kaya hamil padahal golden saya cowok mohon solusinya

  82. sriwijaya
    May 29, 2014 at 12:20 am

    sy mau jual anijng golden retriever rp 6 juta

  83. renny
    February 27, 2015 at 11:02 am

    saya punya puppies golden 2 ekor umurnya 2,5bln, sebelum di imunisasi dia sehat dan lincah,tapi setelah imunisasi dia sakit dan sampe hi dia jadi pendiam, susah makan dan badannya tambah kurus keris kayak anjing yg ga terawat. Tolong kasih tahu kenapa ya kedua puppies saya ini. Tks

  84. Natasya
    May 23, 2015 at 4:46 pm

    om saya rencana untuk memelihara golden jantan umur 1th. di kompleks saya banyak yg punya anjing, tapi anjingnya liar dan kotor. saya takut mengajak anjing jalan jalan, takut dia bergaul atau malah berantem dengan anjing anjing liar tsb. ada solusikah? thanks

  85. heyin
    August 19, 2015 at 9:10 am

    Hallo salam kenal..saya pny anjing golden umur 8 bln..bab nya sering sekali hbis mkn pagi dan sore pasti bab..fajar juga bab jd sehari bs 5-6 kali bab..emang anjing golden yg lain jg begitu ya? Saya kasih makan 2Γ— sehari. Mohon infonya, terima kasih.

  86. Erick
    January 6, 2016 at 8:18 pm

    salam kenal semua…saya ada rencana mau adopt puppy goldie, tapi saya kerja dr jam 8 pagi – 5 sore, kebetulan saya tinggal sendiri. pertanyaannya..
    puppy goldie apakah boleh ditinggal sendiri? apakah dilepas dalam rumah atau di kandangi saja selama saya bekerja?
    mohon pencerahannya..
    thx

  87. tobby
    March 20, 2016 at 9:58 am

    Om, gimana cara ngatasin golden yg sangat terlalu sering BAB? Padahal porsi sudah sesuai takaran dan teratur 2x sehari…thanks

  88. Shanngio
    May 24, 2016 at 9:03 am

    Saya baru beli anakan golden skrg baru umur 2bln.Wkt unur 1.5 bln baru dibw plg lgs sakit infeksi usus😭 1mgg kmrn sembuh..makan bgs..minum oke. Tiba2 semalam kok mencret lg..nafsu makan kurang. Apa krn semalam saya kasih wortel utk gigit2 ya..bingung jdnya. Apa sedemikian sensi perut nya? Hrs gmn ya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: