Home > REPORT > Golden Retriever: become our family member

Golden Retriever: become our family member


Sebuah e-mail masuk ke redaksi penulis dengan kalimat sebagai berikut: “Frieeends……. Gue punya Golden Retriever lagiiii.. lucuu bangeeeet. Umur setahun, warna light golden, betina , nama panggilan JOY tapi karena betina enakan di panggil JOYS aja yah”.

Menyambung e-mail tadi, sang penulis menambahkan data anjing Golden Retrievernya seperti ini: Nama di surat silsilah “GOLD NEST ROYAL LADY OLIVE”; No.Perkin: 01-F5866; No.Tato A7H48; DOB : 15 Agustus 2007; Pemacakan Terdekat : GOLD RUSH TRUE 4:4; Bapak: MERRYGOLD COURAGE UNDER FIRE, Dob:04 JULI 2003 , INA CH (IMP.USA); No.Perkin 01-D7090, No. AKC SR09755906; Induk: GOLD RUSH MAGIC B. WAIT TIL XMAS, Dob:02 OKT 2004 No.Perkin 01-D0554.

“Moga2 awet deh… besok rencana mau bawa ke dokter hewan (VET) utk vaksinasi tahunan yaitu vaksin EURICAN 7 yg isinya vaksin Distemper, Hepatitis, Parvovirus, Parainfluenza, Leptospirosis & Rabies” demikian bunyi pesan penutup e-mail tersebut.

Tampaknya rekan tersebut sedang merasakan kebahagaian yang paling besar dengan memiliki anjing ras “Golden Retriever” yang baru dimiliki sampai data mengenai anjing barunya pun di jelaskan secara lengkap.

Memang sih, penulis tau benar siapa rekan ini. Beberapa bulan sebelumnya ia pernah kehilangan dua ekor anjing “Golden Retriever” kesayangannya karena sakit dan mati. Berita kematiannya pun cukup heboh dimana sang pemiliki benar-benar ‘curhat’ bagaimana ia sampai kehilangan anjing kesayangan. Sakit dan perawatan, bahkan hingga penguburannya pun diceritakannya.

Kira-kira seperti itulah kejadian yang sesungguhnya bagi mereka yang suka memelihara anjing ras keturunan “Golden Retriever”. Kehadiran anjing tersebut sebenarnya sudah menjadi ‘our family member’ atau anggota keluarga sendiri.

Ketika ada kematian ataupun kehilangan, mereka saling memberitahukan kepada sesama penggemer anjing “Golden Retriever”. Demikian pula ketika mereka baru saja memiliki anjing barunya, pasti mereka juga saling memberitahukan bagaimana kegembiraan mereka. Selayaknya seperti anggota keluarga dirumah, apapun yang terjadi pasti akan diceritakan kepada orang lain.

Biasanya dikalangan pemilik anjing ras keturunan “Golden Retriever” senantiasa saling berkomunikasi untuk bertukar informasi. Jika ada yang punya anjing jantan, maka pastinya mereka akan mencari betina, ataupun sebaliknya. Bagaimanapun juga, keturunan anjing tersebut harus tetap dijaga kualitasnya dan pemilik tidak akan sembarangan mengkawinkan anjing tersebut begitu saja.

Maka dari itu, saling bertukar informasi adalah bagian yang terpenting ketika kita memiliki dan memelihara anjing kesayangan “Golden Retriever” ini. Biasanya informasi yang dicari adalah mengenai makanan, melatih, perawatan, dokter hewan, jenis penyakit, perjodohan, mengurus surat PERKIN, dan lain-lain sebagainya.

Karena anjing ini sudah dianggap sebagai anggota keluarga, maka ketika ia tidur selalu ikut majikannya sampai ke kamar tidur, apalagi kalau masuk kedalam ruangan ber-AC, ia paling betah. Ketika majikan duduk makan, biasanya anjing ini pun tidak jauh duduk dilantai menunggu giliran makan. Ketika keluarga sedang menonton TV di living room, biasanya anjing ini ikut serta meramaikan ruangan. Apalagi jika kita ingin keluar jalan-jalan pagi atau jogging, ia pasti minta ikut serta.

Ini beberapa foto yang dapat menggambarkan bagaimana anjing “Golden Retriever” sudah menjadi ‘our family member’ (anggota keluarga):

The End.

Related page:

Part 1: Golden Retriever, Anggota Keluarga

Part 2: Golden Retriever, Akrab Dengan Manusia

Categories: REPORT
  1. akmal eky
    October 3, 2008 at 2:51 pm

    Wah, hebat, bahkan si Retriever ini juga membantu Nyonya Stephen dalam menyelesaikan laporan atau thesis wuehehe…regards to the family bro

  2. October 3, 2008 at 2:53 pm

    Weleh.. cepat amat di komment.. perasaan baru bbrp detik di publish.. hehehe..:-) btw thks a lot bro..

  3. johan
    October 23, 2008 at 5:45 pm

    halo, saya baru mencoba utk merawat/memiliki Golde ret,
    ceritanya begini, saya dikasih seorang teman anjing ras ini dan kebetulan istri ingin sekali merawatnya. tapi anjing ini tidak ada suratnya menurut yang memberi suratnya dibawa oleh ex majikannya ke australia, bagaimana cara mendapatkan suratnya agar anjing kami menjadi resmi,….mahal atau tidak….dan vaksin nya gak jelas….. thanks..

    Regards,

    Johan

  4. October 25, 2008 at 1:27 pm

    @ Johan,

    Kebetulan saja saya belum punya pengalaman seperti anda, jadi belum bisa menjawab. Coba anda masuk ke http://www.anjingkita.com/ karena disana ada forum milis (mailing list). Silahkan share dan mudah2an ada rekan yang bisa menjawab.

    Salam kenal,

    Stephen Langitan

  5. sutrisna
    October 29, 2008 at 2:51 pm

    Hallo saya punya anjing golden ret jantan umur 6 bln. karena saya tdk mau kehilangan salah satu anggota keluaraga kami yg lucu ini saya ingin tau bagaimana cara perawatan ras golden ret yang baik terutama alergy kulit, makanan, dan perawatan bulunya.! dan bagaimana cara mengantisipasi apabila alergy kulitnya blm terjadi…

    Thank’s yaa s’moga berkenan membagi-bagi ilmunya..

  6. dede
    October 29, 2008 at 3:34 pm

    anjing golden retriever saya baru umur 5 bln, saya mau tanya apa yang kita harus lakukan bila anjing ga mau mkn??

    Slm kenal
    DEDE

  7. October 30, 2008 at 12:28 am

    @ Sutrisna dan Dede,

    Sederhana saja, berikan makanan khusus yang terbaik (ada dijual di toko). Kalau saya, kasi makanan merek ‘Prime Choice’ dan tidak pernah kasih makanan nasi atau lauk-pauk seperti makanan kita (manusia). Untuk menambah selera, agar tidak kering, saya tambahkan kuah atau kaldu ayam secukupnya. Jika ada alergy kulit atau bulu rontok langsung aja konsultasikan ke dokter hewan terdekat. Obat2an dan vitamin pasti akan diberikan oleh dokter.

    Semoga membantu.

    Another article:
    https://stephenlangitan.wordpress.com/2008/10/04/golden-retriever-bagaimana-memiliki-dan-merawatnya/#more-1687

  8. April 6, 2009 at 2:28 pm

    pak menghilangkan bau golden gmn nihh??
    golden ku bauk bangett

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: