Home > REPORT > Komunitas Fotografi www.ayofoto.com

Komunitas Fotografi www.ayofoto.com

September 7, 2008 Leave a comment Go to comments

AYOFOTO! a Photography Media. Join with thousand of photographers around the world to share the best of their photo works.

Compete with others photographers in monthly Photo Challenge or have fun with Daily Popular Photo. Discuss interesting topics at forum, read photography tips n tricks in others blog, and find (or sell) your gear in open market.

Itulah kalimat pembuka di website www.ayofoto.com

Jakarta, Sabtu (6/8). Week-end di bulan puasa ini, diisi dengan kegiatan fotografi. Kebetulan seorang rekan yang dikenal melalui acara BritCham Function, Agung Wibowo mengajak ikut serta dalam kegiatan fotografi sebagai hobinya. Tentu saja ajakan ini diterima mengingat penulis juga menyukai fotografi.

Sesuai telponan HP dan SMS dengan Agung, tempat berkumpul di Restoran Soto Betawi, Jl. Muara Karang Jakarta Utara. Dikatakan bahwa ada tiga orang model wanita yang akan dijadikan objek foto dan lokasi pemotretan mengambil tempat di kawasan real estate Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara.


Karya Agung Wibowo

Tepat pukul 12.30 penulis tiba di restoran Soto Betawi, tidak lama kemudian satu persatu berdatangan anggota komunitas ayofoto.com menenteng tas ransel maupun tas besar, yang pasti berisi peralatan kamera bertipe SLR. Sementara itu penulis hanya membawa kamera poket dan tas gantung dipinggang.

Selang 15 menit kemudian Agung bersama istrinya, Nancy datang juga. Agung memberikan gambaran singkat tentang komunitas ayofoto.com dilanjutkan dengan menunjukkan peralatan kamera yang ia bawa sambil mempraktekkan beberapa kali shoot di dalam ruangan tersebut.

Saya mendapat kesan bahwa komunitas ini sangat besar, berskala international, dan beranggotan ribuan orang yang datang dari seluruh manca negara. Setiap kegiatan dibagi sesuai kelompok berdasarkan geografi atau domisili anggota. Saking besarnya anggota komunitas ini, maka kelompok-kelompok kecil terpaksa dibuat, karena tidak mungkin setiap anggota mengikuti semua kegiatan di setiap kota yang ada di nusantara ini.

Untuk acara pada Sabtu siang kemaring saja, jumlah peserta ‘fotografer’ dibatasi hanya 30 orang, sedangkan peminatnya yang mau ikutan cukup besar. Peminat harus mendaftar dulu, datang ke lokasi dan membayar uang saweran. Pembatasan peserta dapat dimaklumi karena ini untuk mempermudah koordinasi di lapangan. Apalagi kalau kegiatan pemotretan dilakukan di dalam ruangan (indoor), sudah tentu pembatasan peserta disesuaikan dengan kapasitas ruangan.

Tak terasa sudah satu jam berada di dalam restoran, akhirnya datang tiga dara wanita model yang ditunggu, salah satu dari mereka mengenakan atasan baju putih. Dijelaskan oleh Agung jika ia mahasiswi dari fakultas kedokteran berprofesi model. Nama model yaitu Stephanie (21), Inneke (20), dan Selline (21). Belakangan hadir seorang model pria, Joseph yang pernah menjadi cover majalah Men’s Health edisi Indonesia.

Perihal uang saweran yang dikumpulkan dari setiap peserta digunakan untuk membayar biaya model, kosmetik, wardrobe, stylist, lokasi, lighting, dan lain-lain yang memang diperlukan untuk menunjang acara pemotretan.

Bagi saya mengikuti acara seperti adalah yang pertama kali. Biasanya saya hanya melakukan pemotretan per individu atau paling tidak bersama dengan keluarga atau teman dalam suatu acara, artinya baru kali ini saya berjumpa dan berteman sambil mengikuti even khusus dengan ‘fotographer.’ Bagi saya ini sangat menarik sekali. Hal yang baru dan tidak hanya sekedar menambah wawasan fotografi, tetapi sekaligus mengembangkan ‘networking’ pertemanan.

Puncak acara yang ditunggu-tunggu, yaitu pemotretan tiba juga. Semua peserta ‘fotografer ‘ dan ‘model’ meninggalkan restoran, beriringan dengan mobil dan ada juga yang naik motor sama-sama menuju lokasi pemotretan yang bersebelahan dengan lapangan golf Pantai Indak Kapuk.

Sebelum acara dimulai, semua peserta ‘fotografer’ mendapatkan label nama sebagai ID, serta diatur pembagian kelompok dalam tiga grup, masing-masing 10 orang per grup. Setiap grup mendapat jatah satu orang model. Jika grup sudah merasa puas melakukan pemotretan dengan berbagai gaya dan pose, maka sang model digilir atau bergantian dengan grup yang lain.

Disinilah puncak acara hobi fotografi ini. Masing-masing individu peserta ‘fotografer’ dengan perlengkapan kamera yang dimiliki dipersilahkan sepuasnya mengambil sudut gambar atau shoot terhadap objek model tersebut. Aksi atau gaya sang model berganti pose diminta langsung oleh ‘fotografer’, dan model tidak merasa sungkan atau malu-malu.

Demikian pula akting ‘fotografer’, ada banyak gaya mereka ketika mengambil sudut gambar dari berbagai arah. Tetapi disinilah seninya, dan bagian yang paling penting seorang ‘fotografer’, yaitu bagaimana mendapatkan hasil foto yang terbaik, bagus dan sesuai dengan jiwa seni ‘fotografer’.

Seorang fotografer harus bisa menemukan ‘feeling’ ketika ia bermain kamera dengan cepat, memainkan diafragma, kecepatan, ISO, mengganti lensa, sekaligus mengoptimalkan berbagai aneka asesories kamera.

Penulis tidak memiliki peralatan kamera Digital SLR seperti para ‘fotografer’ yang ikut serta dalam acara pemotretaan siang itu. Tapi ini bukan berarti penulis berkecil hati, sebaliknya memberikan ‘inspirasi baru’ mungkin saja suatu saat kelak kamera lengkap dimiliki dalam rangka menunjang keindahan foto-foto di dalam web ini. Mohon pembaca harap bersabar.

Foto-foto dibawah ini adalah hasil dari jepretan kamera digital poket Pentax Optio A30 10MP. Sudah tentu hasilnya kurang memuaskan. Untuk hasil yang lebih baik silahkan link www.ayofoto.com

Sebagai referensi, beberapa komunitas fotografi lainnya antara lain: Indonesia Photographer Organization, id-photographer, ME Photography Courses dan Spotter Indoflyer.

Lokasi

Agung Wibowo dan Nancy (Koordinator Acara dan Model)

Pembukaan dan Perkenalan

Aneka Akting Fotografer

Akting Model


Karya Agung Wibowo


Karya Agung Wibowo

The End.

@2008: Hak Cipta dilindungi oleh UU yang berlaku. Jika ada yang ingin mengambil atau mengcopy materi, isi, dan/atau foto-foto weblog ini, diminta lebih dulu memberitahukan secara tertulis.

Categories: REPORT
  1. Eky
    September 8, 2008 at 11:24 am

    Wah seru banget ya, penuh aksi, ada yang tiduran, tengkurep, nyamping, pokoknya kadang fotografernya lebih seru daripada modelnya

  2. September 8, 2008 at 11:29 am

    @ Bro Eky,
    Itulah dia. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita kan harus berjuang keras.
    Semua tenaga, pikiran dan aksi harus optimal. jangan tanggung-tangung…🙂

  3. dpoeng
    September 8, 2008 at 6:10 pm

    kamera minimal pada pake apaan om?

  4. September 8, 2008 at 8:24 pm

    @ Bro dpoeng,
    Gw liat rata2 pd pake digital SLR Canon, Nikon..
    rata2 punya 2, belum lagi lensanya.. keren dah!

  5. September 9, 2008 at 8:23 am

    Wah, keren2 bgt hasil liputannya…you’re really a good writer, pak…Salut buat karya2 tulisannya, benar2 menarik utk dibaca…

  6. September 9, 2008 at 8:47 am

    @ Agung,
    Thanks to your comments.
    Ditunggu karya Agung dr hasil pemotretan Sabtu (6/9) kemarin.

  7. afdhol
    September 9, 2008 at 9:25 am

    kreatifitas bagaikan air yang mengangalir dan mewujudkannya dalam berbagai hal dan bentuk apapun yg sesuai apa yang ia inginkan..

  8. September 9, 2008 at 9:49 am

    @ Afdhol
    Setuju. Seni dan kreativitas tidak ada batasnya.

  9. dpoeng
    September 9, 2008 at 6:49 pm

    wah…pasti mahal tu camera…
    kalo ane si pake camera digital biasa,cm kbetulan ane mengausai Photoshop.
    jd bisa ane rubah jd kaya Camera Pro….

  10. mnrp
    September 15, 2008 at 12:19 pm

    demi mendapatkan angle yang pas, tu fotografer sampe tiarap…
    ckckkkcck..
    sebuah pemujaan terhadap seni atau sebuah totalitas hobby?

    ulasannya bagus oom🙂

  11. September 25, 2008 at 11:17 am

    wah wah.. seru juga nih liputannya.. kok ngga ditulis di ayofoto.com juga liputannya?.. pasti rame deh yang komentar juga🙂..
    welcome to ayofoto mas, please enjoy the community..
    salam
    Dibya Pradana
    Founder AYOFOTO!

  12. October 2, 2008 at 10:01 am

    @Dibya,
    Thanks for your comment. Saya sudah gabung di web ayofoto.com cuma hasil jepretannya masih belum memuaskan utk masuk ke album ayofoto..🙂 Kamera sering bocor, begitu candanya.. hahaha..🙂

  13. November 12, 2008 at 12:45 pm

    memang mengasikan mengikuti kegiatan hunting bersama dengan komunitas ini.. banyak pelajaran yang diambil…. selain tali silaturahmi sesama hobi motret…

    liputannya asik Om….

    keep jepret n posting ya.. heheheheh
    salam hangat,
    gil

  14. Adhit
    December 30, 2008 at 10:37 pm

    Ini stephen yang di GKBI kah? HTML? Seneng motret juga pak Stephen? Saya temennya Tono, S&T….Salam jumpa di blog anda nih……

  15. December 30, 2008 at 10:57 pm

    100% betul! hehehe… salam buat Tono dan semua rekan di lt. 9 GKBI ya.. Btw ini ada artikel lain di bidang photography dengan tema “Photo Hunting: Ducati Babes“.

  16. May 19, 2009 at 2:35 pm

    seru jg yah asil hunting foto model ini kenalkan sy Yulman tergabung dari komunitas fotografi wilayah Makassar yg bernama PERFORMA (Perkumpulan Fotografer Makassar) alamt websitenya http://www.performa.or.id

  17. topix photograph
    July 5, 2009 at 1:21 am

    aku mau gabung ukey !!!!

  18. indra
    July 10, 2009 at 1:39 pm

    keren banget …..top pokoknya.
    oya kawan ku mau tanya2 neh klau untuk foto objek model cocoknya pake kamera apa ya?klau nikon slr sarannya apa& klau canon slr sarannya jg apa?
    pngn memperdalam fotografi..
    thanks kawan2…..

  19. July 10, 2009 at 3:45 pm

    mas indra, kamera apa saja bisa di pake.. lagian pilihan tergantung budgetnya..🙂

  20. September 25, 2014 at 5:45 pm

    Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wished
    to mention that I’ve truly loved surfing around your weblog posts.

    In any case I’ll be subscribing to your rss feed and I am hoping you write again soon!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: