Home > REPORT > ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008

ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008


“ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008.” Ini sebuah pameran otomotif kolektor mobil-mobil lama. Mobil mereka disebut sebagai classic cars alias mobil klasik. Kata ‘klasik’ ini memang lebih keren, ketimbang menyebut dengan pameran mobil kuno, mobil tua ataupun mobil antik.

Model Lauren (22)

“Classic Cars To Inspire Every Generation”, adalah pameran mobil klasik ini yang dapat memberikan inspirasi untuk setiap generasi. Sebagai ajang kontes mobil lama, mobil kolektor dari pabrikan Amerika, Eropa, Asia dan konon beberapa pabrikannya sudah tidak ada lagi alias sudah tutup.

Maksud dan tujuan dari pada pameran mobil ini sebagai: pameran mobil-mobil klasik paling bersejarah dari seluruh penjuru dunia; paduan unik mobil-mobil klasik berkelas dunia dengan sajian budaya yang ditonjolkan dari masing-masing negara pabrikan, dan warna internasional dengan kehadiran para Duta Besar negara-negara sahabat, penilaian kontes restorasi oleh Juri dari London, Inggris, dan diliput secara internasional oleh Jurnalis majalah mobil klasik terkemuka di Inggris.

Jakarta, 22 Agustus 2008, ADIRA Finance sebagai perusahaan multinasional yang selalu fokus dalam visi dan misi perencanaan, memiliki perhatian yang seimbang terhadap hal sosial, budaya, dan wisata.

Perusahaan tampil kembali meluncurkan acara akbar “ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008” sebagai apresiasi yang tinggi kepada pelanggan maupun mitra bisnis, dan juga kepada seluruh rakyat Indonesia.

null

Kiri-kanan: Robert Suhardiman sebagai Panitia Acara; Michael (Mike) Penn dari Haynes International Motor Museum; Simon Hope dari H&H Group Holdings; Stanley S. Atmadja CEO ADIRA, Thomas Schmid; dan Michael Kidd

Stanley S. Atmadja, CEO ADIRA Finance dalam jumpa persnya hari Jumat siang mengatakan, “ADIRA Finance peduli dengan pelestarian sejarah dan budaya yang ada di Indonesia. Sehingga kami pun memberi perhatian lebih pada acara-acara yang intinya berkaitan dengan hal itu. Misalnya saja ADIRA Classic Car Show 2007 yang sukses menggairahkan kembali kecintaan masyarakat Indonesia untuk menjaga kelestarian mobil-mobil klasik.”

ADIRA pernah menyelenggarakan ADIRA Kuliner Nusantara yang bertujuan untuk menjaga kelestarian dan membangkitkan kembali kepedulian kita terhadap makanan-makanan tradisional yang ada di Indonesia. Tahun ini, kami menyelenggarakan ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008 yang tentunya akan menjadi suguhan menarik bagi masyarakat Indonesia.

“Acara ini mempertebal rasa bangga, bukan hanya bagi bangsa Indonesia tetapi juga menjadi kebangaan bagi bangsa lain yang turut memamerkan mobil-mobil produksinya,” demikian kata pimpinan Adira yang berjiwa muda ini.

null

Suasana jumpa pers

Penyelenggaraan tahun ini, ADIRA Finance tidak lagi menggunakan layanan dari event organizer melainkan bekerja sama dengan Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC) dalam menghelat pameran mobil klasik dengan Skala yang lebih besar dan diikuti oleh 100 mobil klasik yang paling berharga di dunia.

‘ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008’ diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 22-24 Agustus 2008 di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre.

Pameran dibuka secara resmi pada tanggal 22 Agustus 2008 oleh Direktur Lalu Lintas Polri Bapak Yudi Susharyanto bersama-sama dengan Gubernur DKI Jakarta Bapak Fauzi Bowo.

Dalam sambutannya, Fauzi Bowo mengatakan, “melalui kegiatan ADIRA Indonesia Classic Car ini, diharapkan dunia mengetahui bahwa Indonesia memiliki warisan mobil yang langka serta siap ditampilkan dalam berbagai event kelas dunia. Terlebih lagi, koleksi para kolektor, penggemar, dan pecinta mobil klasik di Indonesia terkenal unik, berasal dari berbagai negara produsen mobil, berbeda dengan negara-negara lain yang umumnya merupakan produksi negara yang bersangkutan.”

null

Salah Salah satu mobil klasik di pintu depan

Selama tiga hari pameran, seluruh area Assembly Hall akan dipenuhi oleh mobil-mobil klasik rare and collectible item.

Masuk ke dalam arena pameran, para pengunjung ‘ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008’ akan menemui mobil-mobil bersejarah eks Kepresidenan Republik Indonesia yang akan dipadu dengan sajian mobil-mobil vintage pre and post war.

Melanjutkan napak tilas berkeliling dunia, maka berturut-turut pengunjung akan dapat melihat mobil-mobil klasik yang dikelompokkan menurut negara-negara asal pabrikannya. Mulai dari mobil-mobil klasik buatan Jerman, Inggris, Italia, dan negara-negara Eropa lainnya. termasuk mobil roadster ‘Jaguar E-Type’ dan ‘BMW 328’.

Di zona sebelah kanan, pengunjung dapat melihat peninggalan mobil-mobil klasik asal Benua Amerika dan Jepang. Selain itu, khasanah pengunjung akan mobil klasik pun menjadi lebih lengkap dengan hadirnya mobil-mobil bertemakan HotRod dan Muscle Car, Original Unrestored, SL Heritage serta Future Classic.

null

Pintu Utama Pameran

Mobil-mobil klasik yang terhampar di ‘ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008’ dinilai dalam sebuah kontes restorasi oleh tim Juri Internasional yang didatangkan langsung dan khusus untuk acara ini. Juri-juri tersebut adalah pakar mobil klasik yang berasal dari Haynes Museum Classic yang berkedudukan di London, Inggris.

Sementara piala untuk setiap pemenang dari masing-masing zona negara rencananya akan diserahkan langsung pads saat acara penutupan tanggal 24 Agustus 2008 oleh para Duta Besar yang perwakilannya ada di Indonesia. Puncaknya adalah penobatan mobil klasik Best of The Best yang akan mendapat anugerah Piala Bergilir Gubernur DKI Jakarta.

null

Stage dipandu MC Johana Clara & Tony D (tidak nampak dalam foto)

“Pemberian penghargaan Piala Bergilir Gubernur Provinsi DKI Jakarta kepada pemenang Terestorasi Terbaik, diharapkan memacu para pecinta mobil klasik untuk terns melestarikan dan: mempertahankan keberadaan mobil-mobil klasik di Indonesia,” ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

‘ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008’ diperuntukkan bagi seluruh anggota keluarga. Selain menikmati keindahan mobil-mobil klasik, para pengunjung pun dapat menikmati akhir pekan di sini dengan suguhan berbagai acara yang menarik, antara lain konsultasi kesehata’n, lomba mewarnai untuk anak-anak, serta sajian atraksi pantomim, sulap, dancer, dan live music.

null

Dancer by ForePlay

Sedangkan acara yang berkaitan dengan mobil klasik dan bisa diikuti oleh para peserta adalah lelang mobil klasik, talkshow, dan workshop restorasi tentang bagaimana cars membangun mobil klasik dengan tepat. Seluruh pengunjung pun berkesempatan untuk mendapatkan door prize satu unit sepeda motor yang diundi setiap harinya.

“Seluruh mata rantai acara dan pelengkapnya, yang disajikan ‘ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008’ diharapkan dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan mengangkat nama bangsa. Sekaligus berpartisipasi mengisi acara ‘Enjoy Jakarta’ sebagai program pariwisata Pemerintah DKI Jakarta dalam rangka Indonesia 2008,” ungkap Stanley.

‘ADIRA Indonesia Classic Car Show’ akan digelar rutin setiap tahun.

null

Music by d'Angel

Indonesia Classic Car Owners Club atau ICCOC

Adalah perkumpulan pemilik-pemilik mobil klasik yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta DR. Ing. H. Fauzi Bowo tanggal 11 Mei 2008 dan memiliki visi Berta mini Inspiring Every Generation Encourage Passion. ICCOC diketuai oleh Stanley S. Atmadja dan berisikan anggota-anggota yang menumpahkan segala kecintaan mereka terhadap mobil klasik dan restorasi.

Dalam setiap kegiatannya, ICCOC selalu menggabungkan acara kemeriahan mobil klasik dengan unsur sosial, seni, budaya, dan wisata. Sebagai salah satu contoh adalah pameran mini “The World Collection of Classic Cars” yang digelar di pusat perbelanjaan Grand Indonesia pads bulan April silam. Setelah itu konvoi “Enjoy Jakarta with The Classic Cars Heritage” yang digabungkan dengan aksi sosial bekerja sama dengan Perkumpulan Increso.

ICCOC pun bergabung dengan elemen kemasyarakatan lainnya untuk mengikuti pawai kendaraan hiss dan lintas seni budaya pada acara Jakarnaval 2008 memperingati HUT Jakarta ke 481. Setelah pameran ADIRA Indonesia Classic Car Show 2008, ICCOC akan terns melaksanakan setiap agendanya dengan konsisten dan fokus pads pelestarian mobil-mobil klasik yang ada di Indonesia.

Informasi mengenai AICCS 2008 dan ICCOC:

AICCS
Tommy H. / Yessica M
ADIRA Finance
Graha Adira, Lantai 10
JI. Menteng Raya no 21
Telp. 3924748 Faks.3924547

ICCOC
Jubi P.
Tamara Center
JI. Jend. Sudirman Kav 24
Telp. 5203714 Faks. 5203715

Beberapa foto mobil klasik dan keterangan singkat:

DODGE D25 CONVERTIBLE COUPE 1948: Perfect Collaboration

Di rentang tahun antara 1946-1948 produsen mobil Dodge dan Plymouth mengeluarkan mobil dengan basis sama dan perbedaan minor. Dua mobil itu adalah Dodge D24 dan Plymouth P15. Kolaborasi mereka tidak hanya berhenti sampai di situ. Mereka juga menggabungkan D24 dan P15 dengan meluncurkan model baru yakni D25. Mobil ini menggunakan chasis dari Dodge dan desain bodi shell yang mengadopsi bentuk P15. Hanya saja sebuah trim aksesoris dan logo masih menggunakan milik D24. Sehingga jika dilihat sekilas, mobil ini adalah P15 namun bila dicermati lebih dekat memiliki trim logo D24.

Selama tiga tahun masa produksi, D25 hadir dalam dua model yaitu D25S dan D25C. Dari total produksi D25C sebanyak 53.242 unit, varian D25 Convertible Coupe hanya diproduksi sebanyak 155 unit. D25 di pameran ini adalah varian yang chasis dan bodinya di California (AS) dan dikirim ke Kanada untuk dirakit di sana. Itu sebabnya D25 sering disebut sebagai Canadian Model.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1946 – 1948

Produksi (Unit)

155

Kapasitas Mesin

251cubic inch

Tenaga

102hp

FORD 7W TEN TOURER: Strong Design Style

Ford model 7W atau Ten adalah Ford berukuran kompak pertama yang keseluruhannya didesain di Dagenham Inggris, dan diluncurkan pada bulan April 1937. Produksi 7W mencapai 41665 unit dengan pilihan tipe bodi saloon 2 dan 4-pintu serta 2-pintu tourer (atap terbuka). Chasis mobil ini adalah penyempurnaan chasis dari Model Y sebelumnya. Sedangkan desain bodinya mengilhami desain mobil-mobil penerusnya seperti Ford Angila dan Ford Perfect. Begitu pula dengan piranti-piranti mekanikal lainnya yang digunakan pada model-model selanjutnya. Hal ini disebabkan karena masa produksi 7W Ten yang terbilang sangat singkat.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1937 – 1938

Produksi (Unit)

41665

Mesin

4-silinder

Kapasitas Mesin

1172cc

Tenaga

30hp

OLDSMOBILE 98: Ultra Luxury Flagship

Ninety-Eight adalah sedan full-size yang menjadi model flagship dari divisi Oldsmobile di General Motors. Sebagai model top of the line, mobil ini dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi paling canggih seperti misalnya fitur bernama Twilight Sentinel. Fitur ini akan secara otomatis menyalakan lampu lewat timer yang dikontrol oleh pengemudi. Selain itu, trim aksesoris pada bagian eksterior dan interior Ninety-Eight juga dilapis oleh bahan berkualitas tinggi.

Di sektor mesin, Ninety-Eight diperkuat oleh mesin V8 455 Rocket dengan sistem transmisi turbo hydra matic 400, power steering, dan rem cakram. Untuk fitur opsional, pemilik juga bisa memperoleh ragam fitur pendukung kenyamanan seperti four-climate air conditioning, bangku adjustable, radio stereo am-fm, speaker di bangku belakang, cruise control, atap vynil, dan ventilasi flo-thru.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1941 – 1996

Mesin

V8 455 Rocket

Kapasitas Mesin

7,5liter

Tenaga

365hp

Transmisi

Otomatis


CADILLAC FLEETWOOD SERIE 75 1964: For One Precious Customer

Seri 70 (model 70 dan 75) adalah mobil full size Cadillac bermesin V8 yang berasal dari era 30an dan 50an, mobil ini menjadi generasi penerus 355-D tahun 1935. Sementara seri 80 (model 80an dan 85an) sebenarnya sama dengan seri 70 hanya saja menggunakan mesin Cadilac V12 seri 70 short wheelbase digantikan oleh seri 62 di tahun 1941. Sedangkan seri long wheelbase yaitu seri 75 menjadi bagian dari varian Fleetwood.

Fleetwood atau lebih dikenal dengan Fleetwood Metal Body Company sebenarnya adalah pabrik pembuat bodi kendaraan yang pada tahun 1925 diakulsisi oleh General Motors. Fleetwood terkenal akan reputasinya sebagai builder andal dalam membangun bodi mobil berbahan kayu dan alumunium. Karena kehebatannya, pelanggan Fleetwood tidak terbatas dari Amerika saja melainkan juga dari keluarga bangsawan India dan Jepang, Presiden Polandia dan Amerika. Para pelanggan Fleetwood bisa memilih dan membeli sendiri chasis serta drivetrain dari merek terkenal Rolls-Royce, Fiat, Bentley, Packard, dll. Sambil menunggu pesanan itu datang lalu pelanggan bisa bertemu dengan desainer Fleetwood untuk menentukan gambar Fleetwood seperti apa yang dikehendakinya. Mulai dari kualitas bahan, warna, dan yang lainnya. Sehingga tercipta satu Fleetwood unik yang merupakan kebanggaan sang pemilik.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1936 – 1976

Mesin

V8

Kapasitas Mesin

429cubic inch

Tenaga

340hp


CHRYSLER WINDSOR LIMOUSINE 1947: Prized By Millionaires & Statemen Of The 50’s

Chryler Windsor adalah mobil fullsize yang diproduksi oleh Chryler Corporation of Highland Park, Michigan selama periode 1940an, 1950an dan 1960an. Chryler Windsor terakhir diproduksi tahun 1961 dan hanya untuk dua model Windsor untuk kawasan Kanada.

Mobil ini diposisikan satu level di atas Chryler Royal yang dirilis tahun 1946-1950. dari sudut eksterior maupun dimensi bodinya, kita bisa menilai bahwa Chryler Windsor adalah mobil pujaan para jutawan dan negarawan ditahun-tahun tersebut. Belum lagi mobil ini juga diperkuat oleh mesin 6-silinder berkapasitas 4106cc dengan versi besar untuk menghela bobotnya yang bongsor. Di Indonesia mobil ini pernah menjadi kendaraan dinas kepresidenan RI di era Soekarno.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1947

Mesin

6-slinder

Kapasitas Mesin

4106cc

Tenaga

114hp

TOYOTA CELICA 1971: Toyota’s Pony Car

Toyota Celica pertama kali diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 1970. Ketika itu Celica hadir dengan banyak pilihan tipe mesin dan transmisi 5-speed namun hanya satu tipe bodi yang tersedia yaitu coupe 2-pintu. Meskipun garis bodinya menyiratkan bahwa Celica adalah mobil sport namun pertimbangan utama Toyota ketika membuatnya bukanlah aspek handling dan kecepatan. Melainkan karakter mengemudi yang nyaman, halus, dan bermesin bandel.

Untuk pasar domestik Jepang, Celica ditawarkan dalam pilihan mesin 1,4liter dan 1,6liter. Sementara kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 1,6liter dan 2,0liter diperuntukkan bagi Celica dengan orientasi ekspor ke luar negeri. Dalam perkembangannya, Celica mengadopsi teknologi single camshaft untuk model ST dan twin camshaft untuk model GT.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1970 – 1977

Produksi (Unit)

1.210.951

Mesin

4-silinder

Kapasitas Mesin

1407-2289cc

Tenaga

86-130hp

Transmisi

Manual 5-speed, otomatis 3-speed

Top Speed

164-180km/jam

FORD MUSTANG: The Great American Muscle

General Manager Ford era 60-an, Lee lacocca selalu yakin bahwa mobil sport Amerika dengan bodi lebih ramping akan berbuah sukses. Dan begitulah jadinya ketika mobil Poni ini lahir. Untuk menghemat budget produksi, Mustang mengambil basis Ford Falcon dan diperkuat oleh mesin V8 atau 6-silinder. Dalam perkembangannya, kesuksesan Mustang yang luar biasa apalagi ketika muncul bentuk fastbacknya memicu banyak rumah modifikasi untuk mengambangkan fitur-fitur opsional untuk memodifikasi bentuk bodi Mustang.

Ford Mustang Boss terinspirasi dari mobil-mobil balap Ford yang berlaga di ajang Trans American (TransAm). Dalam perkembangannya mobil-mobil Mustang Boss memiliki beberapa tipe mesin yang dalam satuan cubic inch lantas melengkapi masing-masing namanya. Boss 302 mengusung mesin 4,9liter atau 302ci. Boss 351 mengandalkan mesin berkapasitas 5,7 liter atau 351ci. Sementara yang paling dahsyat adalah Boss 429 yang menyemburkan tenaga hingga 375hp dari mesin 7,0 liter atau 429ci yang diusungnya.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1964 – 1978

Produksi (Unit)

2.385.039

Mesin

V8

Kapasitas Mesin

5752cc

Tenaga

330hp

Top Speed

187km/jam

PONTIAC GTO 1969: Stands For Gas, Tyres, and Oil

Dianggap sebagai mobil muscle sejati pertama, Pontiac GTO mendobrak tren yang saat itu berlaku di industri otomotif Amerika. Di saat mayoritas pabrikan berkonsentrasi untuk membuat mobil yang lebih besar dan mewah, Pontiac justru melesakkan mesin big block ke dalam mobil coupe yang ukurannya relatif lebih langsing.

Di luar dugaan, langkah berani itu ternyata berdampak pada penjualan Pontiac GTO yang cukup sukses. Kesuksesan di tahun pertama itu membuat Pontiac mengadakan beberapa perubahan setahun setelahnya dan juga di tahun-tahun berikutnya. Model paling dahsyat dari generasi kedua itu adalah ‘Judge’ yang ditawarkan dalam bentuk opsional. Tenaganya nyaris menyentuh angka 400hp.

Tenaga dahsyat itu diimbangi oleh penampilan sangar yang ditunjukkan oleh spoiler besar, cat bersinar, transmisi manual 3-speed, dan tentu, emblem ‘Judge’. Kedahsyatan performa GTO membuat mobil ini banyak diplesetkan bahwa GTO adalah kependekan dari Gas, Tyres, and Oil. Wajar karena memang tiga hal ini yang paling banyak dikonsumsi olehnya.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1964 – 1974

Produksi (unit)

486.591

Mesin

V8

Kapasitas Mesin

6555cc

Tenaga

345hp

Transmisi

Manual 3-speed

FORD F-SERIES 1948: Best Selling Trucks for 31 Years

Ford F-Series pertama diluncurkan pada tahun 1948 menggantikan kendaraan pick-up berbasis sedan lansiran pabrikan ini sebelumnya. Di jamannya, truk ini terlihat modern lantaran desain dan juga fitur opsional seperti klakson dan tambahan pelapis krom pada aksesoris luarnya. Desain dari truk Ford F-Series pun mengalami perubahan sedikit demi sedikit dari tahun 1948 – 1952.

Truk F-Series dibangun di enam belas pabrik Ford yang berbeda. Nomor seri pada mobil mengindikasikan model, mesin, tahun, pabrik pembuat, dan nomor unitnya. Model paling banyak adalah F1 dengan flat bed 6 D foot dan juga F2 serta F3.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1948

Model

F1 – F8

Mesin

6-silinder/V8

Kapasitas Mesin

3,7liter-5,2liter

Tenaga

95hp-155hp

Transmisi

3-speed – 5-speed


CHEVROLET IMPALA SS 1962: Big Saloon With Great Performance

Chevrolet impala telah mendapat gelar sebagai mobil muscle murni pertama dunia. Diciptakan sebagai model top of the line dari Chevrolet, Impala di era awal 1960 sudah menjadi simbol performa dan juga menjadi ikon yang memperkenalkan brand Super Sport SS Performance Chevrolet yang pertama.

Impala tersedia dalam beberapa model seperti sedan saloon, station wagon, convertible, dan hardtop 2-pintu yang masing-masing diperkuat oleh mesin V8 berkapasitas 5,4 liter. Sedangkan model SS diperkenalkan tahun 1961 dan dilengkapi oleh mesin V8 yang kapasitasnya membengkak jadi 6702cc. Dari semua model Impala yang pernah diluncurkan, Impala 2-pintu hardtop sport coupe adalah model Impala terbaik yang hingga saat ini masih menjadi buruan kolektor mobil klasik di seluruh dunia. Model tersebut juga sudah dilengkapi dengan lingkar kemudi berdesain sporty, jam elektrik, dan speaker radio untuk penumpang belakang.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1960 – 1969

Produksi (Unit)

7.000.000

Mesin

V8

Kapasitas Mesin

5359cc

Tenaga

250hp

Top Speed

172km/jam

CADILLAC ELDORADO 1961

Cadillac Eldorado dibangun atas dasar mobil Cadillac 62 yang mempunyai reputasi sebagai mobil dengan teknologi paling maju dan mewah yang sangat digemari di jamannya. Hal ini dibuktikan dengan semua fitur standar yang termasuk fenomenal bahkan untuk ukuran jaman sekarang. Untuk harga US$7.750 di jamannya Eldoraldo yang didesain oleh Bill Mitchell ini sudah dilengkapi dengan atap lipat otomatis, bangku yang bisa disesuaikan secara elektrik, power window, transmisi otomatis, sistem pendingin udara, central lock, suspensi adjustable, dan sistem audio yang bisa untuk merekam.

Dalam perkembangannya, Eldorado mempunyai beberapa model yang berbeda. Model hardtop coupe yang akrab disebut Sevile diperkenalkan tahun 1956. Sedangkan model yang lebih glamor lagi adalah Eldorado Brougham yang masa peredarannya dimulai dari tahun 1956 sampai dengan 1959.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1953 – 1970

Produksi (Unit)

100.273

Mesin

V8

Kapasitas Mesin

7021cc

Tenaga

340hp

Transmisi

otomatis

Top Speed

193km/jam

CHEVROLET COTVETTE 1959: An American Cultural Icon

Mayoritas desain mobil-mobil flamboyan impian General Motors adalah sumbangsih sang desainer Harley Earl yang menyadari bahwa rakyat Amerika di tahun 1950an adalah tipikal masyarakat yang menyukai mobil sport Eropa seperti MG, Jaguar dan Alfa Romeo. Earl meyakinkan GM bahwa mereka juga perlu mengembangkan mobil sport dua penumpang. Earl dan tim spesialnya mulai menggarap proyek tersebut yang berkode “Opel”. Hasilnya adalah Corvette yang diperkenalkan ke publik di ajang Motorama tahun 1951. Kendati demikian, performa Corvette masih belum bisa menandingi mobil-mobil sport Eropa.

Baru pada tahun 1955 ketika Chevrolet pertama kali mengenalkan mesin V8 mereka yang berkapasitas 4,3liter dan menyandingkannya dengan transmisi manual 3-speed itulah Corvette menjadi petarung yang tidak bisa lagi dipandang sebelah mata.

Di tahun 1956 desain bodi baru yang diusung semakin memantapkan jati dirinya sebagai True American HotRod. Penyempurnaan pada dapur pacu yang cukup signifikan adalah penggunaan fuel injection, fitur power window, atap convertible, transmisi manual 4-speed dan suspensi serta pengereman yang cukup dominan. Legenda tentang Corvette pun masih tetap hidup sampai diperkenalkannya C6 beberapa tahun silam.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1953 – 1986

Produksi (Unit)

684.652

Mesin

V8

Kapasitas Mesin

5360cc

Tenaga

360hp

Top Speed

233km/jam

null

null

null

null

FERRARI DINO 1971: We Were Not Talking About Enzo’s Desire But His Heart

Proses dibalik awal pembuatan Ferrari Dino menguras begitu banyak emosi dan kisah kasih sayang antara sang ayah Enzo Ferrari dan sang anak Alfredino Ferrari berkolaborasi dengan insinyur terkenal Vittorio Jano, Dino mempengaruhi keputusan Enzo untuk akhirnya memproduksi mobil dengan desain mesin V6 dan V8. padahal dimasa itu Ferrari hanya terkenal sebagai produsen mobil-mobil sport berkapasitas mesin V12. awalnya mesin V6 ini dipakai Dino untuk berlomba di ruang balap formula 2 di tahun 1966.

Sayangnya Ferrari tidak mendapat homologasi yang menyebutkan bahwa mesin ini setidaknya harus sudah pernah dipakai oleh minimal 500 mobil produksi masal. Akhirnya Ferrari meminta fiat untuk memproduksi mobil dengan menggunakan mesin Dino V6. Akhirnya lahirlah Fiat Dino dengan mesin depan dan berpenggerak roda belakang.

Ketika itu langkah untuk melesakkan mesin ke belakang tengah (mid-engine) adalah sebuah pemikiran yang cukup berani, maka akhirnya Ferrari meminta Sergio Pinintarina untuk merancang mobil mid-engine untuk mengenang anaknya. Akhirnya pada ajang Paris Motor Show 1965 diperkenalkan konsep mobil tersebut dan memiliki merek sendiri yaitu Dino dan bukan Ferrari Dino. Sambutan yang sangat baik berujung pada perkenalkannya mobil prototipe lainnya yang sangat aktual dengan versi produksi masalnya di Turin Motor Show 1966.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1967 – 1974

Produksi (Unit)

4.064

Mesin

V6

Kapasitas Mesin

2418cc

Tenaga

195hp

Top Speed

227km/jam

null

MASERATI MERAK 1971: Maserati’s Response to the Ferrari Dino

Apabila Bora adalah jawaban Maserati akan tantangan Lamborghini Miura, maka Merak yang mengemas mesin lebih kecil adalah jawaban Maserati untuk meladeni Ferrari Dino. Ya, Maserati Merak adalah Bora dengan bodi yang lebih ramping, mesin lebih jinak dan dengan sedikit modifikasi untuk menegaskan bahwa mobil ini adalah model mobil yang berbeda.

Pengaruh Citroen justru lebih besar terjadi pada Merak. Mobil ini mengusung mesin V6 yang serupa dengan yang ada pada Citroen SM. Begitu pula dengan panel instrumen dan lingkar kemudinya. Sementara untuk drive train yang mengadopsi milik Citroen SM antara lain adalah transmisi 5-speed, piranti rem, dan kopling hidrolik. Kenyataannya dalam hal penjualan, Merak jauh lebih sukses ketimbang Bora yang lebih bertenaga. Alhasil rentang produksi pun jadi lebih bertahan.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1972 – 1983

Produksi (Unit)

1340

Mesin

V6

Kapasitas Mesin

2965cc

Tenaga

182hp

Transmisi

5-speed

Top Speed

214km/jam

null

VOLKSWAGEN KARMANN GHIA 1957: Beautifully Made By Ghia

Sejak tahun 1950, Karmann mendekati Volkaswagen untuk membuat mobil sport VW. Baru pada tahun 1955 lah mobil sport pertama itu muncul. Itu terjadi juga lantaraan prototipe model yang sangat menarik yang diajukan oleh rumah desain Ghia.

Begitu diluncurkan, mobil ini langsung mencetak sukses besar. Padahal mobil ini masih menggunakan piranti-piranti milik VW Beetle dan dijual dengan harga murah. Faktanya, mobil ini juga belum bisa masuk ke kategori mobil sport. Penampilannya memang sudah mendukung, tapi tenaganya belum. Bagaimanapun, reputasi luar biasa VW akan mesin yang reliabel dan perawatannya sangat murah sudah lebih dari cukup untuk menarik hati pembeli. Dari beberapa model yang ada, Karmann Ghia Cabriolet adalah model yang paling banyak dicari oleh kolektor mobil klasik.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1955 – 1974

Mesin

4-silinder

Kapasitas Mesin

1192cc

Tenaga

30hp

Top Speed

115km/jam

null

ALFA ROMEO 1750 GTV 1969: Compact and Responsive

GTV mulai mengisi squard Alfa Romeo ditahun 1967 bersama-sama dengan sedan 1750 Berlina dan 1750 Spider. Mobil ini menggantikan Giulia Sprint GTV dan memperkenalkan dalam begitu banyak modifikasi dan penyempurnaan.

Penyempurnaan paling signifikan menyangkut soal mesin yang kapasitasnya ditingkatkan menjadi 1779cc. Tenaganya pun ditambah menjadi 122hp pada 5500rpm. Sedangkan pada bagian bodi penyempurnaan menyentuh pada desain hidung dan lampu depan. Sementara di interior desain dashboard baru dengan speedometer dan tacometer berukuran besar semakin memudahkan pengemudi. Semua penyempurnaan tadi membuat handling dan pengereman 1750 GTV menjadi lebih mudah terlebih pada saat dipacu kencang.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1967 – 1971

Produksi (Unit)

44.276

Mesin

4-silinder

Kapasitas Mesin

1779cc

Tenaga

122hp

null

LANCIA FLAVIA 1971: Sexy With Extraordinary Engine

Suatu hal baru yang diusung Flavia dan belum pernah dilakukan di model-model Lancia sebelumnya yaitu fakta bahwa Flavia adalah mobil Lancia pertama yang menggunakan gerak roda depan dan bisa mengemas mesin 4-silinder boxer ketimbang menggunakan mesin berkonfigurasi V seperti yang selama ini digunakan. Terobosan lainnya Flavia dilengkapi dengan rem cakram di seluruh roda.

Secara desain, Flavia yang didesain sendiri oleh Lancia secara keseluruhan memang sudah cukup baik, namun ditangan Pininfarina yang membangun versi coupe nya di tahun 1961 dan vignale yang mengembangkan desain convertible atraktif Flavia ditahun 1962 hasilnya jauh lebih sempurna. Sedan ini bertahan selama 14 tahun dan memiliki dua tipe mesin 1.8liter serta 1991cc.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1960 – 1974

Produksi (Unit)

106.476

Mesin

4-silinder boxer

Kapasitas Mesin

1,5liter

Tenaga

78hp

Top Speed

154km/jam

null

BMW 328, 1938: Is A Class Above Most, Great Handling And Performance

BMW 328 adalah mobil sport yang dibangun oleh BMW antara tahun 1936-1940. mobil yang didesain oleh Fritz Fledler ini mengusung banyak fitur-fitur berteknologi maju dijamannya dan begitu dipuja lantaran performa dan handling-nya yang mengagumkan.

Mobil ini juga turut mewarnai sejarah konsetelasi politik dunia. Setelah Perang Dunia II. Pabrik perakitan 328 di Elsenach ternyata ada dibawah zona berkependudukan Rusia sampai dengan selesainya Runifikasi Jerman pada tahun 1989.

Mobil ini pernah merajai berbagai kejuaraan termasuk LeMans 24 hours pada tahun 1939 dan reli mobil klasik paling bergengsi di Italia yaitu Mille Miglia pada tahun 1938 dan 1940. bahkan ditahun 1999, BMW 328 pernah masuk dalam daftar 25 funalis untuk gelar Car of The Century yang dinilai oleh sekelompok panelis berisikan jurnalis-jurnalis otomotif di dunia. Sangat wajar lantaran BMW 328 memang menganut garis desain dengan penuh lekuk yang sangat menawan.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1936 – 1939

Produksi (Unit)

461

Mesin

6-silinder

Kapasitas Mesin

1971cc

Tenaga

80hp

Top Speed

150km/jam

null

JAGUAR XK 140, 1954: The Result of a Good Car Made Even Better

Mobil sport yang diproduksi oleh pabrikan asal Inggris, Jaguar antara tahun 1954 dan 1957 ini melanjutkan kesuksesan generasi sebelumnya yaitu XK120 artinya dalam hal teknis XK140 tentu saja mendapat beberapa penyempurnaan baik dalam fitur pengereman yang lebih bak, setir rack and pinion dan juga suspensi peredam yang lebih modern. Namanya sendiri (140) mengindikasikan top speed yang bisa dicapai oleh mobil ini yaitu 140mph atau 225km/jam. Padahal XK140 masih menggunakan spesifikasi mesin yang diambil dari XK120 namun tentunya dengan beberapa modifikasi ini sebabnya XK140 kini bisa menyemburkan tenaga hingga 190hp pada 5.750rpm.

Ditahun 1956 XK140 menjadi mobil sport Jaguar pertama yang ditawarkan dalam opsi transmisi otomatis yang jumlahnya sangat jarang. Selain itu XK140 juga tersedia dalam tiga desain bodi yang berbeda. Pertama adalah varian roadster atau open two seater yang masih dibekali dengan atap canvas yang tersemat dipintu-pintunya. Setelah itu adalah varian drop head coupe yang juga dilengkapi dengan kaca depan paten. Sementara varian fixed head coupe dilengkapi dengan atap hardtop.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1954 – 1957

Produksi (Unit)

9051

Mesin

6-silinder

Kapasitas Mesin

3442cc

Tenaga

190hp

Top Speed

200km/jam

null

JAGUAR XK150 1958: It Was More of a Grand Tourer

Mobil ini memiliki bodi lebih berat ketimbang generasi pendahulunya. Bobotnya saja sudah mencapai 1.498,6kg. tentunya XK150 butuh mesin yang juga lebih besar. Sehingga Jaguar melesakkan mobil ini dengan mesin bertenaga 190hp meskipun top speed-nya pun jadi turun ke angka 200km/jam. Tapi itu bukan masalah karena Jaguar memang menginginkan agar XK150 bisa lebih menjadi mobil grand tourer ketimbang mobil sport, ini pula sebabnya ada aplikasi transmisi otomatis Borg Warner.

Kendati mobil ini sudah tidak sekencang sebelumnya namun disaat yang bersamaan mobil ini juga disempurnakan agar menjadi lebih nyaman dan lebih “civilized” untuk dikendarai. Perangkat rem cakram Dunlop di keempat roda siap untuk menghentikan lari Jaguar XK150. ini pula yang menjadikan XK150 mobil pertama Jaguar yang mengaplikasi.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1957 – 1961

Produksi (Unit)

9398

Mesin

6-silinder

Kapasitas Mesin

3442cc

Tenaga

190hp

Top Speed

200km/jam

ROVER TC 2000 1966: Unlike Anything Else on The Road

Di tahun 1960-an kemunculan Rover 2000 mencerminkan segala sesuatu yang berbau modern. Desainnya simpel dan futuristik. Nyaris tidak ada desain mobil lain yang menyamainya ketika mobil ini sedang berjalan. Mobil ini bukan cuma generasi penerus melainkan betul-betul mobil yang baru daris segi teknis dan kenikmatan berkendara mobil-mobil Rover.

Kendati demikian bukan berarti Rover 2000 lepas dari kritik. Mobil ini dianggap mempunyai handling yang sangat baik namun tidak dibarengi dengan performa mesin yang besar. Rover menjawab kritik ini dengan meluncurkan TC 2000 ditahun 1966. Mobil ini mengusung mesin dengan karburator ganda berkompresi tinggi. Hasilnya mobil sanggup menempuh 110mil perjam dan dengan mudah menyalip satu-satunya mobil Inggris pesaing TC 2000 yaitu Triumph 2000.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1966

Mesin

4-silinder

Kapasitas Mesin

2.0liter

Top Speed

110mil per jam

MG TD: It was a big seller

Mobil MG seri T pertama memang sudah muncul pada tahun 1936. Namun Perang Dunia II membuat roda produksi MG terhenti. Untuk kembali menjalankannya maka pabrik MG of Abingdon di Oxfordshire tidak punya pilihan kecuali hanya menyempurnakan. Di tahun 1945 TC pun mengadopsi velg 19 inci, kaca depan yang bisa lihat serta suspensi semi eliptic milik TB.

Di tahun 1949 TC yang sudah kelihatan ketinggalan jaman digantikan oleh TD. Mobil ini menggunakan sasis yang sama, mesin serupa namun dengan suspensi pada bagian depan dan sistem kemudi rack and union. Dibandingkan dengan TC, TD kini lebih lapang dan juga mesinnya lebih agresif terutama pada model Mkll di tahun 1952. Generasi terakhir dari keluarga T adalah MG TF yang dilansir pada tahun 1963. selama kurun waktu 4 tahun masa beredarnya TD terjual paling laris di antara T-series lain yaitu sebanyak 29.664 unit.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1945 – 1955 (TC, TD, TF)

Produksi (Unit)

10.000 TC/ 29.664 TD / 9.800 TF

Mesin

4-silinder

Kapasitas Mesin

1250 / 1466cc

Tenaga

54-63hp

Transmisi

Manual 4-speed

Top Speed

125-138km/jam

TRIUMPH SPITFIRE 1971: Triumph a Budget Sports Car

Spitfire yang dibangun dengan basis Triumph Herald didesain untuk berkompetisi dengan MG Midget. Sebenarnya pemikiran untuk membuat Herald versi Sport sudah ada sejak desainnya masih berwujud sketsa. Namun semua itu ditahan oleh Chief Triumph ketika itu sampai saat dia melihat sketsa mobil roadster mungil buah karya rumah dengan desain Italia, Michelotti.

Hasil jadi dari mobil tersebut menggunakan chassis yang lebih pendek dan mesin Herald 1147cc yang bertenaga 63hp. Mobil ini dilengkapi pula dengan perangkat rem cakram pada roda depan untuk mencengkram larinya yang bisa mencapai maksimal 161km/jam. Perubahan besar ketika Spitfire mengusung mesin 1493cc yang ironisnya juga digunakan oleh rival beratnya yaitu MG Midget.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1962 – 1980

Produksi (Unit)

314.332

Mesin

4-silinder

Kapasitas Mesin

1296cc

Tenaga

75hp

Top Speed

161km/jam

ALFA ROMEO GIULIA 1971: Small Outside, Large Inside

Mobil yang didesain oleh bintang desainer Alfa yaitu Dr “Satta” Puliga ini digagas sebagai mobil yang dari luar tampak kompak namun ini apda kenyataannya terbukti sangat sukses dan Giulia terjual dalam jumlah besar baik di Italia maupun wilayah-wilayah lain di Eropa. Bahkan Alfa Romeo membuat inovasi dengan pilihan mesin diesel untuk Giulia di tahun 1976.

Awalnya Giulia hadir dengan mesin 1600cc transmisi 5-speed dan bangku “”bench” di depan. Dan dalam masa peredarannya yang cukup panjang. Spesifikasi teknis mobil ini pun menjadi berkembang. Contohnya saja rem cakram di keempat roda yang menggantikan piranti tromol. Giulia Nova tahun 1974 mengalami sedikit perubahan pada bentuk bodi. Tapi untuk yang lainnya. Bentuk bodi tetap sama hingga tahun 1978.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1963 – 1978

Produksi (Unit)

486.801

Mesin

4-silinder

Kapasitas Mesin

1290cc

Tenaga

55hp

Transmisi

5-speed

Top Speed

138km/jam

MERCEDES-BENZ 280SL “PAGODA” 1969: This machine was to set the tone for Mercedes performance cars

Di jamannya, bahkan mungkin sampai sekarang, Mercedes-Benz SL selalu menorehkan sejarah dan legenda dalam dunia otomotif. Salah satu model legendaris selain gull wing tentu saja adalah Pagoda. Sebutan Pagoda di dapat lantaran bentuk atap hardtop yang terdapat dua garis krom ini memiliki bagian yang lebih rendah dibanding kedua sisinya. Jika diperhatikan, sekilas bentuknya memang mirip dengan atap tempat ibadah umat Budha yang tersebar di daratan Cina ataupun Jepang itu. Desain unik ini adalah buah karya dari sang desainer Paul Braco.

Mobil ini mengemas mesin 6-silinder segaris dengan kapasitas 2.778cc dan dapat menyemburkan tenaga 180hp pada 5.900rpm. Saat diperkenalkan, Mercedes Benz melansir dua buah model yaitu Coupe dan convertible serta pilihan transmisi 4-speed otomatis dan 4-speed manual. Kendati termasuk mobil klasik namun SL Pagoda sudah dibekali dengan perangkat pengereman cakram di depan dan belakang untuk menghentikan kecepatannya yang bisa mencapai 204km/jam.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1963 – 1971

Produksi (Unit)

48.902

Mesin

6-silinder

Kapasitas Mesin

2778cc

Tenaga

170hp

Transmisi

otomatis 4/manual 4-speed

Top Speed

204km/jam

MERCEDES-BENZ 190SL 1956: Beautifully Designed Roadster

Bisa dibilang 190SL adalah versi lebih kecil dari 300SL. Ini bisa dengan mudah terlihat dari kedinamisan desain maupun detail piranti yang dibeberapa tempat mirip dengan 300SL. Hanya bedanya tentu saja adalah jantung yang tersenbunyi dibalik kap mesinnya. Kapasitas mesin 1.9liter tentu hanya membutuhkan ruang mesin dengan konfigurasi 4-silinder. Mesin ini pun tidak terlalu istimewa lantaran hanya bertenaga 105hp.

Bagaimanapun, desain yang cantik adalah modal utama roadster ini untuk menembus pasar Amerika Utara. Selain pilihan roadster dengan fitur oopsional atap hardtop yang bisa dibuka-pasang. Mercedes juga menawarkan bentuk coupe dengan konfigurasi buka-tutup pintu konvensional. sayangnya tidak seperti fitur pintu gullwing pada 300SL.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1954 – 1963

Produksi (Unit)

25.881

Mesin

4-silinder

Kapasitas Mesin

11897cc

Tenaga

105hp

Top Speed

168km/jam

NISSAN SKYLINE 1974: An Exotic Japan’s Car

Peluncuran Nissan skyline GT-R Proto tahun lalu menjadi momen yang sangat mencengangkan dunia. Betapa tidak, mobil ini seakan menobatkan Jepang dan khususnya Nissan sebagai salah satu segelintir pemain mobil-mobil super di dunia.

Sebenarnya sejarah Skyline sudah dimulai sejak era 70-an dengan lahirnya Nissan Skyline C110. Mobil yang pertama kali diperkenalkan ke Public di Tokyo Motorshow 1972 ini memiliki desain ala fastback yang mana sudah menjadi warna mobil-mobil muscle di Amerika. Kendati demikian, Skyline tetap kelihatan eksotis dengan dua pasang bola lampu yang menghias bagian depan dan belakang. Mobil ini mengusung 6-silinder segaris dan dibekali sistem transmisi manual 5-speed kecepatan, desain eksotis dan warisan selama hampir empat dekade yang membuat skyline menjadi living legend hingga saat ini.

Spesifikasi

Tahun Pembuatan

1972 – 1977

Produksi (Unit)

670.562

Mesin

6-silinder

Kapasitas Mesin

1.4liter/1.8liter/2.0liter

Transmisi

Manual 5-speed

Tenaga

130hp-160hp

Singer Fitri & Vinny

MC Johana Clara & Tony D.

Dancer ForePlay

Group Band d’Angel

The End.

@2008: Hak Cipta dilindungi oleh UU yang berlaku. Jika ada yang ingin mengambil atau mengcopy materi, isi, dan/atau foto-foto weblog ini, diminta lebih dulu memberitahukan secara tertulis.

Categories: REPORT
  1. ivan m
    November 2, 2008 at 7:07 am

    Kalau ada event lagi mohon hubungi saya via email. Thank you.

  2. November 2, 2008 at 10:16 am

    @ Ivan M,
    Semoga saya tidak lupa menghubungi anda, namun kalau anda bergabung dengan facebook akan memudahkan saya mengundang melalui calendar events, sekali klik semua rekan yang ada dalam daftar teman pasti akan menerima undangan. Saya tunggu ‘add name friend’ facebook dari anda.
    Salam kenal,
    Stephen Langitan

  3. reefy
    November 4, 2008 at 5:50 am

    saya mw tanya,gmna ya cra bergabung di ICCOC,dan syarat2 apa saja??

    saya punya mbl mercedes benz mini thn 1975 200.

    apakah bs bergabung?

    thnx

  4. November 4, 2008 at 6:32 am

    Bro Reefy,

    Silahkan berhubungan dengan pengurus/sekretariat ICCOC via e-mail: ICCOC2008@yahoo.com
    Saya baru aja telpon Sekre ICCOC Telp. 5203714 dan mendapatkan alamat e-mail tersebut.
    Anda ditunggu.

  5. November 13, 2008 at 8:52 pm

    Salam kenal,
    Selamat n sukses luar biasa …..

    o) Tahun 2009 ada even lagi? kira2 bulan apa?
    o) Saya ada VW Hiroof, Single Cabin n Karmann type 3 namun kondisinya tidak kinclong seperti yang saya lihat pada foto2 di atas dikarenakan VW tsb sering dipakai wira wiri, apa memungkinkan turut dipajang?

    Nuhun

  6. Monica
    November 21, 2008 at 2:07 pm

    pak Stephen, saya bekerja sebagai event coordinator di sebuah gedung di area Thamrin Jakarta, saya ingin bertanya, apabila saya mau menyewa mobil2 klasik utk keperluan event spt wedding misalnya, apakah memungkinkan? kalau memang bisa di sewakan saya harus menghubungi kemana? mobil2 klasik diatas milik pribadi kan pak? jd otomatis harus menghubungi pemiliknya langsung yah? atau ada cara lainnya? mohon bantuan bapak

    Terima kasih

  7. November 21, 2008 at 5:10 pm

    @ Haji & Monica,
    Silahkan hubungi Pengurus/Sekretariat ICCOC (Indonesia Classic Cars Owners Club)
    E-mail: ICCOC2008@yahoo.com
    Telpon: 021-5203714

    Salam,

  8. ricky
    January 3, 2009 at 9:42 pm

    saya ricky,saya mempunyai ford falcon 1977 built up yang sekarang hanya dalam keadaan turun mesin,saya ingin bertanya apakah anda dapat memberikan saya informasi untuk mencari spare part mobil tersebut terima kasih

  9. January 4, 2009 at 8:37 am

    @ricky,
    Layangkan e-mail: ICCOC2008@yahoo.com atau telpon 021-5203714
    Pengurus/Sekretariat ICCOC (Indonesia Classic Cars Owners Club)
    ICCOC adalah komunitas/klub dari para pemilik mobil klasik.
    Salam,
    SL

  10. dicha
    March 1, 2009 at 9:46 am

    saya dicha, saya punya mobil plymouth 1948 warna hitam dan plymouth 1950 warna biru.semua original, kondisi hidup dan mulusssssss banget. ada yang berminat?????

  11. dicha
    March 1, 2009 at 9:52 am

    saya dicha, saya punya mobil plymouth 1948 warna hitam dan plymouth 1950 warna biru. semua masih original, kondisi hidup dan mulussssssssssss banget. ada yang berminat????? (d1c44@yahoo.com)

  12. anton
    March 2, 2009 at 11:45 pm

    saya, anton. saya pengen kunjungi club plymouth. tlg dong cariin alamat & web ??? thanks.

  13. March 10, 2009 at 1:40 pm

    Keren.. Semoga tambah besar komunitas pecinta Mobil Klasik dan Muscle Car di Indonesia

  14. f_falcon
    May 3, 2009 at 3:11 pm

    Pak SL atau siapa saja, mau tanya… no rangka ford falcon th 72 itu ada dmn ya? saya sudah cari2 kok ndak ada? tulung dibantu dong, soalnya mau perpanjang stnk…. nanya penjualnya juga ndak tau….😦

    banyak terima kasih

    Ari

  15. May 4, 2009 at 10:08 am

    @f_falcon,
    sorry itu gak tau bro.. kalo bro dateng ke Otobursa di Parkir Timur,
    seharusnya dapat info lengkap, soalnya disana ada mobil ford lama..🙂

  16. f_falcon
    May 4, 2009 at 12:43 pm

    iya nih… nyesel gak bisa dateng… ada lagi kapan ya? teng kyu Bro SL…
    @ricky: bro Ricky, kalo falcon 77 no rangka nya ada di mana ya?
    tx yak…

  17. susie
    May 26, 2009 at 3:27 am

    Pak Stephen yang terhormat,
    saya Susie, kalau ada yang berminat untuk menjual classic old cars Mercedec benz, Perrari, or Cardilac or any brands tolong hubungi saya. Thanks untuk informasinya

  18. Riady
    May 28, 2009 at 11:46 am

    saya Riady, memiliki mobil Chevrolet tahun 63 kondisi Body Mulus, warna merah, Original, Mau di jual, BU Harga Nego
    Klo ada yang berminat hub : Manusia2002@yahoo.com (085266634807)

  19. June 14, 2009 at 10:10 am

    Pak Stephen, bagus sekali ulasannya, by the way ICCOC ada milisnya ndak ya? sekalian titip info dong pak, kalau ada rekan rekan yang berniat melepas koleksi ford convertible 1950 an nya atau yang setype, boleh dong japri saya saktisoe@gmail.com

    Thank you so much Pak🙂

  20. panji
    June 17, 2009 at 10:25 am

    Pak Stephen & penggemar classic car, mohon saya diinfo jika ada yg berniat menjual classic celica, terima kasih.

  21. Irwan Hartanto
    June 17, 2009 at 6:07 pm

    Comment pertama yg keluar dari saya adalah: “LUAR BIASA”..selain itu saya speechless dan hanya mengikuti ulasan Bapak dengan mulut terbuka…OMG..ini di Jakarta bung!! Seperti pameran Annual Classic Car di Rockefeller Center, NYC, amazing! Tahun ini ada lagi tidak Pak SL? Atau saya sudah ketinggalan berita lagi? (that would b really sucks). Pokoknya kalo ada lagi acara seperti ini lagi, saya sangat berkeinginan utk datang dan hadir menyaksikan. Sekali lagi “LUAR BIASA”

    Irwan Hartanto

  22. vandue
    June 18, 2009 at 2:18 am

    ad fotonybos

  23. June 18, 2009 at 2:43 pm

    Pak Irwan,
    Terima kasih untuk comment-nya. Ya, ini benar exsibisi mobil classic yang berlangsung di JJC Jakarta tahun 2008 lalu. Untuk event tahun 2009, sejauh ini saya belum mendapatkan info apakah event serupa akan hadir atau tidak. Saya barusan cek di agenda JCC Senayan untuk tahun 2009 tidak ada pameran mobil klasik di JCC sepanjang tahun 2009, bisa jadi ini akan berlangsung di lokasi lain (jika ada). Referensi link agenda JCC 2009: http://www.jcc.co.id/events_schedule.php?pageID=3&subPageID=1&evType=Exhibition&year=2009

  24. June 18, 2009 at 3:05 pm

    Panji, belum ada info pak..🙂

  25. June 18, 2009 at 3:06 pm

    Sakti Soe, terima kasih utk comment-nya, ford covertible-nya dicatat dulu ya pak..🙂

  26. June 18, 2009 at 3:08 pm

    Ibu Susie, wah ibu tampaknya seorang kolektor juga ya..🙂

  27. July 4, 2009 at 5:41 pm

    I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future.

  28. September 21, 2009 at 9:50 pm

    Dijual Plymouth Fury 1962

    Dijual Holden Belmont PU 1972

    semua murah meriah

    foto ada di http://otobursayogyakarta.blogspot.com/

    hub 081915421313

  29. September 21, 2009 at 9:57 pm

    salam pak SL
    saya mau tanya kalo mau bawa mobil dari australi ke indonesia yang paling murah gimana ya caranya?
    soalnya saya ngiler liat holden statesman 1970’s disana keren2 dan kalo dirupiahkan cuma 30 jutaan
    mohon infonya

  30. September 21, 2009 at 11:11 pm

    Bro Arif,
    Salam kenal juga. Ternyata anda penggemar Holden ya? Yg saya tahu Holden Statesman 1970-an dulu banyak beredar di kawasan Riau, tepatnya dipakai oleh PT Caltex Pacific Indonesia (CPI). Para pensiunan CPI banyak yg dapat jatah mobil tersebut dan dibawa ke Pku, Jkt, Bdg.

    Nah, soal cara masukin mobil dari LN ke Indonesia, tentunya harus lewat pabean dan bayar pajak. Saya gak punya info gimana caranya, tapi bisa belajar ama imortir mobil yang lagi menjamur bawa mobil CBU ke Indonesia.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: