Home > REPORT > Golden Retriever: we love so much

Golden Retriever: we love so much


Artikel ini hanya sekedar sharing mengenai kegemaran kami memelihara anjing kesayangan jenis “Golden Retriever” (Golden Ret).

Memiliki anjing peliharaan adalah kegemaran dan kesenangan untuk beberapa kalangan maupun individu, apalagi kalau anjing peliharaan itu bagus, bersih, bersahabat dan akrab. Adalah kebiasaan keluarga sejak kecil memiliki anjing sebagai “anggota keluarga” apakah itu ia sebagai penjaga rumah, teman bermain dan mitra berolah raga khususnya jogging.

Anjing jenis “Golden Retriever” (disingkat Golden Ret) adalah anjing bermutu dan berkualitas. Ini salah satu anjing yang terbaik yang pernah kami miliki walaupun ada beberapa anjing sebelumnya (sudah mati) juga bisa kami katakan bagus.

Untuk lengkapnya tentang bagaimana kelebihan dan kekurangan mengenai anjing “Golden Retriever” ini lebih lanjut pembaca bisa dengan mudah melakukan browing di internet. Perihal mengenai diskripsi, ciri-ciri, asal-usul, warna, berat badan, maupun kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki anjing Golden Ret dapat dengan jelas dibaca melalui google. Ketik saja “Golden Retriever” maka semua informasi bakal muncul dilayar monitor.

null

PERKAWINAN

Pada awalnya kami membeli seekor anjing jenis Golden Ret betina bernama Akira dari seorang kerabat. Ketika ia berusia 3 tahun layak untuk dikawinkan, tak ayal kami pun mencarikan jodoh anjing pejantan “Golden Retriever” yang berkualitas agar anjing betina kami nantinya akan memiliki keturunan yang bagus.

Tidak begitu sulit menemukan anjing jantan yang bermutu, baik dari segi asal-usul keturunan, warna, ukuran badan, kesehatan yang pasti pejantan adalah sejenis. Setelah kami bernegosiasi dengan pemilik jantan, secepatnya kami siapkan karantina agar perkawinan dapat dilaksanakan dengan baik.

Anjing betina, Akira, kami inapkan di karantina sekaligus tempat peternakan anjing Golden Retriever yang kami kenal dengan baik. Ditempat tersebut terjadilah perkawinan yang kadang sedikit harus dipaksa untuk memperlancar pembuahan. Setelah hubungan badan dilakukan beberapa kali dan dirasa cukup, maka anjing betina Akira dibawa pulang.

Tak lama kemudian ajing betina kami, Akira pun mengandung alias hamil. Sesuai waktunya ia akhirnya melahirkan delapan (8) ekor puppies (anak anjing) dalam kondisi normal. Namun sayang, anak anjing yang terakhir tidak dapat diselamatkan karena ia sulit keluar dan selang waktu yang lama.

Tujuh ekor puppies “Golden Retriever” adalah kebahagiaan sekaligus kerepotan bagi kami. Hanya dengan kesabaran dan ketelatenan puppies tersebut dapat bertumbuh. Surat-surat akte kelahiran juga diurus melalui badan resmi yang diakui secara nasional “PERKIN” (Perkumpulan Kinologi Indonesia).

Memasuki usia 3-4 bulan akhirnya terasa juga memiliki sekaligus tujuh puppies menjadi sangat merepotkan. Mereka seringkali bercanda, sering berantem, belum lagi urusan buang air yang masih sulit diatur.

Akhirnya diputuskan jika lima anak anjing “Golden Retriever” kami tersebut harus dilepas alias dijual sepanjang ada pembeli yang sesuai, artinya sesuai dengan harga atau setidaknya hanya untuk dipelihara sendiri (bukan dijual lagi). Kami pun ingin mengenal lebih dekat dengan pemilik baru, karena kerinduan kami agar bisa melihat dan memantau perkembangan mereka.

Pada akhirnya hanya dua ekor anjing “Golden Retriever” yang kami pelihara dirumah.

Sejalan dengan waktu ternyata ke-dua anjing Golden Ret ini makin lama makin tumbuh. Makin banyak aktifitas mereka sejalan dengan aktifitas majikannya. Inilah beberapa foto anjing “Golden Retriever” tersebut.

INDUK BETINA “AKIRA”

Perkawinan Akira dengan Pejantan

Hasil perkawinan: Tujuh ekor Puppies Golden Retriever

Dua Ajing Golden Retriever usia 15 bulan

The End.

Related Page:

Golden Retriever: always close to the human

Golden Retriever: our family member

Categories: REPORT
  1. linda
    September 19, 2008 at 3:11 pm

    Saya mau tanya tentang berat badan anjing golden Ret. Anjing saya sekarang umur 9 bulan, berapa berat idealnya? Sebelumnya terima kasih

  2. September 19, 2008 at 3:45 pm

    @Linda,
    Berat ideal? Wah.. itu tergantung dgn postur anjing-nya. Yang pasti harus di kontrol/disiplin dalam memberi makanan. Jika sudah kelihatan gemuk, harus dikurangi jatah makannya. Kalau masih kurus, ditambah. Kalau nafsu makan kurang, di kasih vitamin.

    Golden Ret tipe anjing yg aktif dan suka bergerak, jadi jangan dikurung terus, harus sering2 dibawa keluar rumah, biar ada olah-raganya.

    Pertama, buat anjing mengenali alam sekitarnya dengan jalan-jalan (anjing diikat). Kedua, kalau jalan2 sudah sering, dicoba majikan naik sepeda, dan anjing dilepas untuk mengejar/berlari. Dijamin anjing akan tetap sehat memiliki postur yang ideal.

  3. Arie
    October 10, 2008 at 1:37 pm

    Saya baru pertama kali memelihara anjing jenis Golden Ret dan secara kebetulan lagi hamil. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara merawat/memelihara anjing dalam kondisi hamil terutama dalam porsi makanan dan obat-obatan yang diperlukan agar puppies yang dilahirkan baik dan sehat? Terimakasih

  4. October 10, 2008 at 9:25 pm

    @Arie,
    Usia kehamilan sekitar 63 hari. Sebaiknya konsultasi dgn dokter hewan karena setiap anjing punya keunikan dalam hal porsi makanan, tergantung ukuran badannya dan sifatnya. Pengalaman kami, memberikan multivitamim chewable for doggy, dan vitamin calsium yang bisa di beli di apotik (obat bebas). Yang perlu diperhatikan saat kelahiran, berikan tempat yang nyaman, biarkan anjing memilih tempat, dan jangan diusir-usir. Jangan lewatkan ketika persalinan tiba. Amazing!

  5. josephine
    October 17, 2008 at 6:17 pm

    dulu, saya sempai pelihara anjing mixbreed, saya rawat bersama teman – teman satu kos, tapi setelah lulus kuliah, saya pindah ke jakarta. Sekarang, saya lagi cari anjing golden, tapi bukan yang beli cuma – cuma gitu, maksudnya setengah hibah. Coz, saya juga mau meringankan beban anda ( or someone else yang lain ) yang memang butuh salah satu atau beberapa anjingnya untuk dihibahkan. Saya akan beli dengan harga wajar kok.tq

  6. Didiet wiyono
    January 10, 2009 at 9:44 pm

    mas, tx banget buat infonya mengenai Golden Red, saya baru belajar.. dan sedang berusaha mendatangkan golden red ibu saya ke medan ( saya di medan , ibu saya di jakarta ) saya sangat jatuh cinta pada kila (nama si golden sampe termimpi – mimpi ) yang saya mau tanya kenapa ya mas si golden kami ini warnanya krem bukan coklat tua.? apakah ada 2 jenis warna pada anjing golden red? mohon info dan terimakasih sebelumnya..

  7. dpouwel
    February 22, 2009 at 11:27 pm

    Om kenapa ya anjing ras musti pake surat? Apa cuman biar lbh mahal? Kadang ga hbs pikir kalo nanya ma org “ngapain sech pk surat” trs dijawab “biar kl dijual lg lbh mahal” nah lho kalo emang penyayang anjing knp dijual lg? bukannya penyayang anjing sejati tuh nganggep anjing tu bagian dr keluarga bukan komoditas? Pernah punya peking yg cerdas tp diculik org T.T ama rotweiler yg agak dodol tp mati coz sakit setahun lalu T.T
    Dlm wkt dekat mau beli anjing tp msh bingung mau beli jenis apa, share donk om kenapa musti beli yg bersurat kl ga bakal dijual lg

  8. March 7, 2009 at 8:09 pm

    Om Stephen, Saya salah satu penggemar Golden Retriever di medan. Apa mungkin saya juga bisa membeli salah satu anakan Golden anda dengan harga yang yang lebih murah dari pasaran. Soalnya saya pengen banget bisa punya Golden sendiri untuk dirawat sendiri (bukan untuk dijual) , cuman budget blm memungkinkan untuk membeli, krn harga pasarannya sangat tinggi. Saya akan merawatnya dengan baik.. Thanks….

    Rgds:
    ushino7@hotmail.com

  9. March 7, 2009 at 10:05 pm

    @Kartika Riady,
    Anda di Medan, beli anakan di JKT, gimana ongkos kirimnya? Jatuhnya pastinya mahal juga kan?

  10. dela liu
    April 23, 2009 at 4:18 pm

    om,saya ada rencana miara anjing golden retriever ni…
    n saya jg udah pesan gt sama petshopnya.
    setelah penjelasan panjang lebar dr petshopnya.
    kata pemilik petshop itu… kalo anjing golden harga 1.5-2jt itu kualitasnya jelek ya? dr segi bulu,kaki,stand,dll
    jadi dia nawarin saya itu yang harga 4-5 jt. katanya kualitas dah oke.
    bener gak sih yang dia bilang?
    soalnya saya cek di google ada yang turunan champion itu dijual cuma 1.8jt…
    saya jadi ragu. takut diboongin sama yang punya petshop.
    itu akira dulu om beli harganya berapaan?
    trus saya maonya yang bulunya coklat.. bukan putih… yang coklat lebih mahal ya??
    duh bingung banget saya..
    trus halaman rumah saya itu mao dibilang luas sih lumayan lah.. cuma keramik smua. gak ada rumput2nya. jadi itu kandangnya gmn ya? setau saya kandang golden itu gak bole beralaskan keramik dan harus ada rumput2 gt kan?
    mohon bimbingannya…
    thanks.

    dela_liu@yahoo.com

  11. Ignatius Adi Raharjo
    May 15, 2009 at 4:58 pm

    Om saya mau tanya nih..
    wktu dulu saya kuliah di Curtin-Perth, saya prnah lihat klo dsana ada smacam dog’s shelter dan anjing2 dsitu bisa di adopt,baik ras ataupun mixbreed..
    yg mau saya tanyakan, kira di indonesia ada gak ya shelter2 sperti itu..
    domisili saya di jogja & kira2 Om punya kenalan di jogja yg punya Goldy yg bisa saya adopt..
    thanks before & regards..
    “salut buat situs ini..”

  12. Bonchel
    May 25, 2009 at 4:31 pm

    Pngn cari kandang yg murah to bekas dmana ya

  13. merry
    July 24, 2009 at 6:14 am

    om aku mau tanya kalo ciri2 anjing lagi hamil itu ya apa toh? anjing saya baru saya kawinin sekitar 1bln 15 hari tapi kok ndak keliatan ya saya bingung makanya saya mau konsul. saya kalo mau pergi dokter hewan mereka selalu bilang entar aja kan kita orang awam jadi bingung kalo ndak ada yang menjelaskan. thanks

  14. Martin
    January 6, 2015 at 10:50 pm

    om, kalau ada lagi anak anjing golden yang ingin dilepas, saya bersedia untuk merawatnya..

  1. September 5, 2008 at 8:16 pm

Leave a Reply

