Home > REPORT > Aktivitas Menjelang Proses Merger

Aktivitas Menjelang Proses Merger


Jakarta, Juni 2007. Siapa yang pernah mengalami proses merger?

Merger ketika masih bekerja dengan perusahaan yang “kelihatannya” stabil, seolah tidak punya masalah?

Waduh, rasanya berat sekali, mau bilang siap ataupun tidak siap itu sama saja, yang mana pada akhirnya merger itu pun harus terjadi.

Boardroom: weekly meeting tiap Jumat pake baju casual.. business as usual..

Ketika kita bekerja sebagai karyawan, sekalipun dengan jabatan tinggi katakanlah manager ataupun direktur pada sebuah perusahaan swasta, bahwa hanya pemegang saham sajalah yang mempunyai otoritas penuh untuk melanjutan sebuah perusahaan.

Pemegang saham sebagai investor berhak menempatkan modalnya untuk kegiatan usaha dimana saja dan kapan saja sepanjang hal itu memberi keuntungan.

Jika dikemudian hari, ternyata ada calon pembeli dan akhirnya calon tadi mau beli saham dengan harga tinggi, ya.. tentunya peluang bisnis yang dilihat, jika itu memberikan keuntungan kenapa tidak?

Seperti itulah apa yang pernah terjadi ketika saya masih bekerja dengan sebuah perusahaan asal Inggris di Indonesia.

Ternyata grup usaha asal Inggris ini mengambil kebijakan dan strategi baru dengan cara menjual portfolio business-nya kepada investor grup besar dari Jepang yang rupanya memang sudah cukup lama berminat mau beli perusahaan Inggris tadi. Setelah harga cocok, maka terjadilah deal dan terjadilah transaksi jual-beli saham di London secara diam-diam.

Setelah jual-saham tadi di released kepada publik secara resmi, selanjutnya yang terjadi adalah dampak dan akibat yang ditimbulkan baik langsung ataupun tidak langsung atas penggantian kepemilikan saham ini.

Sosialiasi dan proses peralihan merger ini cukup makan waktu dan sangat menjengkelkan karena informasi yang kurang up date atau sering kali di hold atau disembunyikan oleh management sampai pada waktu yang tepat.

Prinsipnya usai pegumuman resmi diberikan maka ada banyak dampak yang berpengaruh kepada karyawan, hubungan dengan customer, hubungan dengan vendor, dan juga pihak-pihak terkait.

Pada umumnya para pelaku bisnis, customer dan semua kalangan yang bergelut dibidang yang sama akan bertanya:

Apakah bisnis yang dijalankan akan mengalami perubahan kebjiakan and strategi? Atau operasional perusahaan masih sama dengan dulu? Siapa yang bakal dlikuidasi? Siapa saja management yang baru? Siapa Presdir yang baru? Apakah ada PHK/rasionalisasi/perampingan, seleksi ulang, review penempatan, review job description? Dan yang lain sbagainya.

Ada begitu banyak dampak yang ditimbulkan tetapi ada kalimat yang bisa menghibur atau menguatkan yaitu optimis saja akan masa depan dan lihat saja bagaimana nanti apa yang mungkin terjadi.

Pada saat tulisan ini dituangkan saya bersyukur karena sudah melewati proses ini dan ketika saya melihat beberapa foto rasanya terharu juga jika setelah sekian tahun bekerja teryata bukan jaminan kita bisa kerja sampai pensiun atau bisa sukses bekerja dengan perusahaan asing, sekalipun itu perusahaan besar.

Semoga teman-teman yang terlibat dalam proses merger ini kini sudah pada survive, sudah bekerja dengan perusahaan lain, ataupun sudah berkarir dalam usaha mandiri yang sudah tentu harus lebih baik dari pada hari kemarin.

Inilah beberapa cuplikan foto teman-teman menjelang proses merger yang di bagi dalam beberap bagian (Part 1 s/d Part 3).

Serius tapi santai.. yg penting produksi & perfomance bagus..

Jam 10.30 gorengan dihidangkan..

Ayo sini foto bareng dulu yuk.. sebelum merger..

Diskusi dulu nih Mbak.. ujar staff senior..

Foto bareng dulu ah..

Wah.. sekitar sini boleh juga..

Finance.. buruan bayar pak.. kalo gak batal loh..

Juragan Finance..

Pantry Room

To be continued (pics will be added)

Categories: REPORT
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: