Home > REPORT > New Art Gallery & Museum in Nusa Dua Bali

New Art Gallery & Museum in Nusa Dua Bali


Bali, April 2007. Artikel ini adalah kunjungan saya ke Bali yang kesekian kali. Pada saat itu saya dapat melihat lebih dekat ke dalam gallery dan museum kesenian yang baru saja dibangun dikawasan Nusa Dua Bali.

Bagi mereka yang menyukai kesenian dan koleksi lukisan, hingga benda-benda kesenian dari berbagai daerah nusantara Indonesia dapat langsung menuju lokasi ini. Mudah-mudahan anda tidak akan mengalami pengalaman seperti saya ketika melewati pintu gerbang Nusa Dua yang dijaga ketat oleh security.

April 2007, ketika itu saya bersama dengan taxi masuk dalam pintu gerbang Nusa Dua Complex ternyata penjagaan dan pemeriksaan dari security sangat ketat.

Setelah taxi diperiksa, saya pun ditanyakan mau kemana. Saya katakan menuju museum tetapi pihak security pun tidak paham lokasi tepatnya ada dimana, terkesan mereka pun baru dengar koq ada musuem di kompleks tersebut.

Saya katakan ke petugas security: “mana saya mau tahu Pak.. ada atau tidak ada museum di Nusa Dua, pokoknya ini alamatnya..” Saya berbicara agak ketus mengingat taxi sudah lama di pos jaga depan tapi tidak boleh jalan. Sementara para petugas security lagi sibuk calling-calling pake HT dengan ekor tikusnya.

Saya pun ditanya lagi, apa ini ada Hotel Nusa Dua? Walah mak.. supir taxi juga mulai menggerutu dan akhirnya kami diizinkan bergerak dan mencari sendiri.

Bagaimanpun saya maklum penjagaan super ketat demi keamanan khususnya komplek Nusa Dua banyak diisi dengan hotel berbintang lima ternama dan bisa jadi banyak sekali VVIP yang menginap disana.

Tak lama kemudian saya pun tiba di lokasi museum yang dituju, ternyata papan nama (petunjuk papan) tidak memberikan nama lengkap museum, kecuali spanduk yang tampak baru dipasang. Terlihat juga kondisi gedung masih baru dan seakan belum pernah dikunjungi tamu.

Saya melangkah kedalam dan taxi saya minta menunggu sampai saya kembali. Setelah bertemu dengan orang yang dicari maka saya diizinkan untuk melihat isi museum tersebut secara lengkap dan utuh.

Inilah beberapa cuplikan fotonya. Bagi yang suka dengan lukisan, patung, art gallery, seniman, kolektor barang antik, melihat barang-barang kebudayaan dan lain-lainnya silahkan saja mencari sendiri museum ini di Nusa Dua Complex.

Dua foto dibawah ini yang mengingatkan saya lagi tentang sejarah Bali yang sangat populer di Eropa. Usut punya usut ternyata Bali mulai dikenal dari lukisan “Ni Pollok” yang di lukis oleh Adrien-Jean LE MAYEUR de MERPRES seorang pelukis asal Belgia.

Tahun 1930-an dia datang ke Bali mencari inspirasi baru setelah berkeliling dunia, namun segala sesuatunya jadi berubah ketika dia bertemu dengan seorang gadis penari Legong Bali “Ni Pollok”.

Dari karya lukisannya dengan gadis “Ni Pollok” ini telah memberikan magic yang sangat kuat serta kesuksesan Le-Mayeur sebagai seorang seniman/pelukis dunia. Hasil karya lukisannya yang juga mengantarkan popularitas Bali secara international dimulai tahun 1930-an.

Setelah menikahi “Ni Pollok”, Le Mayeur tidak menginzinkan sang-istri hamil mendapatkan keturunan, karena dia memikirkan kemolekan “Ni Pollok” sebagai model lukisan ketimbang hamil. Akhirnya tidak ada keturunan dari keluarga sukses ini sampai mereka wafat satu persatu.

The End.

Categories: REPORT
  1. orchidae
    January 9, 2009 at 10:46 pm

    Wow….. cantik, indah, nilai yang tak ternilai, keren abis… Dari sini saja sudah terasa ingin berlama-lama di tengah karya yang luar biasa indahnya… I am so impressed…. Semoga pemeliharaan baik lukisannya, ruang pamer yang sangat bersih, lingkungan dan keamanan sekitar galery terus dipelihara untuk anak cucu dan wisatawan asing yang berkunjung di situ..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

