Home > REPORT > HTML Pra-Touring Banten Selatan, April 2007

HTML Pra-Touring Banten Selatan, April 2007


Tahun 2007 adalah tahun yang paling sibuk dalam kegiatan Touring HTML.

null

Ada 2 perhelatan touring yang digelar HTML, pertama “HTML Touring Goes To Southern Sumatera” dan kedua “HTML Goes To Madiun”.

Dengan adanya 2 event yang sekaligus digelar HTML secara bersamaan, maka ketika itu para Member HTML memiliki 2 pilihan: apakah ikut ke Sumatera atau Madiun Jawa Timur?

Namun sebelum event besar itu dilaksanakan, adapun salah satu persyaratan utama yang ditetapkan oleh HSRT (HTML Safety Riding Team) adalah melakukan Pra-Touring, yaitu praktek touring di lapangan dengan rute atau jalur pendek sebelum touring jauh itu diadakan.

Tujuan dasar mengikuti pra-touring ini adalah, setiap peserta diharapkan akan belajar mengenai teknik-teknik riding, teknik touring yang benar, saling belajar dari peserta lain, mau mengasah dan memperbaiki skill-riding, menyesuaikan diri dengan kelompok, serta mengenal lebih dekat dengan setiap peserta yang baru dikenal. Biasanya setiap touring kita akan mengenal kebiasaan buruk maupun kebiasaan baik dari setiap individu peserta.

Pra-Touring “HTML Touring Goes To Southern Sumatera” yang digelar bulan April 2007 menuju Banten Selatan. Jalur yang dipilih adalah start dari Jakarta melewati Depok, Sawangan, Parung, Bogor (IPB Dermaga), kemudian arah Leuwiliang, Jasinga, Rangkas Bitung, Gunung Kencana, Malimping (makan siang), Bayah, Pelabuhan Ratu, Cibatok, Bogor (makan malam) dan Cibinong Pemda, Kampung Tengah, Depok, Jakarta.

Sesuai kesepakatan pada hari Sabtu pukul 07.00 semua peserta yang ikut pra-touring Banten Selatan sudah berkumpul di SPBU Tanjung Barat Jakarta Selatan dan bersiap start tepat pukul 7.15.

Pukul 09.30 kami sudah tiba di Bogor dan perjalanan langsung dilanjutkan ke arah IPB Dermaga menuju Leuwiliang, Jasinga dan Rangkas Bitung.

null

Pukul 11.30 kami sudah tiba di Rangkas Bitung maka kami pun beristirahat minum sekaligus melepas keletihan akibat kemaceta di tengah pasar. Semula kami ingin makan siang tetapi teman-teman memutuskan makan siangnya nanti saja pukul 13.00 dan warung makan akan dikondisikan sesuai yang ada dijalan di depan. “ya.. gimana saja nanti.. kita liat aja warung yang ada nanti..” ujar seorang rekan yang sangat yakin masih ada warung yang bisa ditemui didepan.

10 km selepas Rangkas Bitung saya yang bertugas menjadi VO memutuskan belok ke kiri kearah Gunung Kencana. Menurut gambar peta rute ini lebih pendek dari pada lewat Saketi (sesudah Pandeglang). Hari sudah semakin siang dan terik matahari sangat menyengat panas dan silau.

null

Saya melirik arloji di tangan kiri sudah pukul 12.30 dan ini menandakan seharusnya kami istirahat makan siang. Tetapi rasanya kurang nyaman jika perjalanan baru berjalan 30 s/d 60 menit harus berhenti lagi, lagi pula warung makan yang dimaksud juga belum terlihat.

Antara pukul 13.30 s/d 15.00 adalah perjalanan yang berat karena jalan lewat Gunung Kencana ini sangat rusak dan parat. Kondisi fisik pun menurun karena perut pun sudah bernyanyi-nyanyi minta diisi alias belum makan siang. Kondisi jalan kelas 3-4 ini sangat sepi, berbelok-belok, melewati banyak kebun karet dan kebun kelapa sawit yang seolah-olah memberikan gambaran geographis pulau Sumatera sedang kami lewati.

Satu kali saya berhenti bertanya dengan penduduk sekedar meyakinkan diri apakah rute ini benar menuju Malimping? Tiba-tiba suara seorang rekan bertanya lewat HT: ”bro.. benar gak sih ini jalan ke Malimping? Berapa jam lagi bakal sampe? Makan siang bro..’’ teriak seorang peserta melalui Alat RAKOM tadi yang seakan-akan sudah cemas karena mentalnya memang sedang diuji.

Tepat pukul 15.00 setelah melewati Gunung Kencana, kami pun tiba di kota Malimping dan saya minta petugas sweeper belakang maju kedepan mencari warung makan yang layak. Sedangkan saya dan peserta yang lain berhenti dulu minum karena hari itu panas sekali dan kami sangat kehausan.

Tidak lama kemudian terdengar panggilan HT dari petugas sweeper yang ditunjuk mencari warung makan: ”bro.. 500 meter kedepan ada warung pas di-pertigaan”. Saya langsung jawab: ”ya.. coba masuk duluan.. liat dulu apa makanannya masih ada?” Terdengar suara lawan: ”oke bro.. makanan masih ada.. silahkan meluncur”. Serta merta saya dan peserta yang lagi berhenti bergerak menuju arah warung yang ditunjuk.

null

Penggunaan perangkat RAKOM (radio komunikasi) sudah teruji sangat effektif dan effisien ketika kita melakukan touring. Sudah banyak hal yang bisa dibantu dengan perangkat RAKOM, selain instruksi, komando, pesan-pesan, percakapan pendek, semuanya dengan mudah di-komunikasikan tanpa harus merepotkan peserta lain. Artinya perjalanan touring akan nyaman dan menjadi effektif jika para petugas touring atau ada 3 orang bikers sudah terbiasa menggunakan RAKOM dalam sebuah event konvoi.

Satu jam penuh kami mengambil waktu untuk istirahat makan siang. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk melakukan evaluasi semua perjalanan yang sudah dilewati. Apa yang dievaluasi antara lain tentang jarak atau rute yang sudah dilewati dan yang belum dilewati, siapa yang lemah, siapa yang lambat, siapa yang terlalu cepat, siapa yang nyaris jatuh atau accident (mengapa?), kondisi jalan, kecepatan konvoi, signal-signal petugas, evaluasi perangkat RAKOM, time management, mental dan fisik setiap peserta, kondisi motor, dan lain-lainnya yang memang dianggap perlu untuk dievaluasi dan dibicarakan bersama secara team.

Pukul 16.00 perjalanan kami lanjukan lagi. Setelah meninggalkan kota Malimping kami masih berhenti 2 kali untuk menikmati keindahan pesisir pantai selatan dengan hamparan laut Samudera Indonesia. Perhentian berikutnya ketika melewati sebuah jembatan besar setelah kota Bayah. Jembatan ini memberikan pemadangan sebuah pertemuan sungai dengan air laut. Indah sekali pemandangan alam pada sore hari itu karena ada banyak perahu nelayan warna-warni yang juga sedang bersandar.

Sekitar 17.30 kami sudah sampai di sebuah bukit dalam wilayah Jawa Barat dengan pemandangan Teluk Pelabuhan Ratu. Lagi-lagi kami berhenti dan berfoto sambil menikmati pemandangan lautan Samaudera Indonesia dan daratan Jawa Barat.

Pukul 19.00 kami akhirnya sudah tiba di Lido setelah melewati jalan lintas Cikadang. Disini kami pun sepakat untuk berhenti makan malam dan istirahat sekitar 1 jam dan setelah itu perjalanan kami lanjutkan menuju ke rumah masing-masing melewati Bogor dan Depok.

Peserta:

1. Sis Anita Kusumawardhani

2. Bro Dondee

3. Bro Rinonet

4. Bro James Raming

5. Bro Stephen Langitan

Beberapa cuplikan foto:

Menjelang start di SPBU Tanjung Barat Jaksel:

Rute Jasinga-Rangkas Bitung:

Perangkat RAKOM dan GPS:

Melatih pengambilan foto-foto sambil riding:

Istirahat di depan lautan Samudera Hindia:

Diatas jembatan “Muara Madur” pertemuan muara sungai & samudera hindia:

Kiri-kanan: bro Rino, Sis Anita, bro Stephen, bro James and bro Dondee

Peta:
null

The End.


Categories: REPORT
  1. BungBengbeng
    November 12, 2008 at 9:45 am

    Wah, touringnya asyeeek banget neh.
    Salam kenal ya Pak.

  2. November 12, 2008 at 9:49 am

    BungBengbeng,
    Salam kenal juga bro. Justru saya tertarik sekali melihat foto2nya di album facebook.
    Very natural, juga alamnya sangat indah. Segera saya mau berangkat ke Sarwana ahh…🙂

  3. drn
    December 18, 2008 at 7:18 pm

    jadi pengen touring bareng nih..
    Maklum jadi anggota HTML tapi belum bersticker….

  4. eshan
    July 24, 2009 at 3:32 am

    maaf pak saya mau tanya, foto plang rumah makan itu d daerah mana pak??
    daerah malimping selatan bukan?? rumah makan nya dekat pasar ga??
    saya penasaran karna teman saya ada yg buka usaha di perempatan malimping dekat pasar lama malimping selatan

  5. July 24, 2009 at 7:18 am

    ya betul itu dipertigaan malimping banten, gak jauh dari pasar

  6. robbymilo
    July 24, 2009 at 3:42 pm

    Mantaf Om… RAKOM yah??? tertarik nih.. itu pake frekuensi berapa?? trus install ke helm ya??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: