Home > TIPS > Menjadi Anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia)

Menjadi Anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia)


Sejalan dengan mengikuti hobi touring motor, salah satu perlengkapan pendukung yang sangat dibutuhkan adalah menggunakan Radio Komunikasi (disingkat Rakom) antara lain memakai radio HT (handy transceiver) atau perangkat Rig.

null
Foto 1: Radio merek Icom

Setelah beberapa kali mengikuti touring ternyata fungsi HT ini sangat membantu dalam berkomunikasi diantara para peserta, diantara para petugas maupun berkomunikasi diantara para panitia dalam sebuah event atau perhelatan komunitas yang melibatkan tamu sampai ratusan.

Sebagai contoh, sebuah event touring dalam satu kelompok (konvoi) dengan jumlah peserta 8 orang s/d 10 bikers. Disaat melakukan perjalanan, para petugas touring yang bertanggung jawab antara lain Captain Road, VO dan Sweeper dan setidaknya mereka sudah dibekali atau diperlengkapi dengan perangkat HT.

Begitu perjalanan berlangsung, maka para petugas ini akan dapat saling berkomunikasi dengan mudah dan tidak perlu lagi main klakson, berteriak-teriak, saling kejar-kejaran. Sebaliknya perjalanan pun akan menjadi lebih aman, lebih terkendali, lebih terkoordinasi dengan baik dan semuanya akan jadi lebih mudah hanya dengan alat Rakom.

Menggunakan perangkat Rakom tidak se-enaknya begitu saja, kita tidak hanya main beli HT atau saling pinjam dengan teman dan langsung dipakai. Namun, hal yang perlu diingat sebagai warga negara yang tertib pada aturan bahwa penggunaan Rakom sudah ada prosedurnya, karena penggunaan “pita frekuensi” sudah diatur oleh pemerintah melalui UU yang berlaku.

Atas kesadaran sendiri, maka saya pun memilih bergabung dengan organisasi RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) untuk kelancaran saya dalam berkomunikasi di udara, baik hal itu digunakan untuk kegiatan touring, kegiatan sosial, bahkan sampai pada kegiatan-kegiatan darurat a.l. SAR (Search and Rescue).

null

Sebagai langkah awal maka saya pun menghubungi rekan yang sudah lebih dulu menjadi anggota RAPI, yaitu bro Marko pemilik call-sign RAPI JZ10-HFE. Bertanya kepada teman yang sudah lebih dulu menjadi anggota akan sangat membantu sekali. Kita akan jadi lebih mudah melakukan akses, bahkan kita bisa belajar dari pengalaman teman, katakanlah sharing, sekaligus berbagi informasi.

Berdasarkan informasi dan pengalaman saya sendiri, ternyata untuk menjadi anggota RAPI sangat mudah sekali, pertama memiliki KTP, kedua mencari teman yang sudah memiliki call-sign RAPI (masih aktif), ketiga menghubungi pengurus lokal RAPI sesuai dengan kelurahan/kecamatan KTP, ke-empat menghubungi pengurus wilayah RAPI sesuai dengan wilayah pemerintahan yang disebutkan di KTP.


Foto 2: Jajaran Pengurus RAPI

Sebelum mengurus administrasi RAPI setidaknya perangkat Rakom yang dikendaki sudah dimiliki.

Untuk jenis dan perangkat ini Rakom ada banyak ragam dan model, tetapi yang pasti tanyakan saja kepada teman-teman yang sudah lebih dulu menjadi anggota RAPI, dijamin seorang teman secara sukarela akan membantu memberikan penjelasan bahkan mengantarkan ke toko Rakom yang sudah dikenal.

Pembelian barang bekas (second hand) harus lebih hati-hati dan sebaiknya kita saling menanyakan (cross-check) kepada teman yang lain.

Inilah beberapa dokumen persyaratan menjadi anggota RAPI a.l. fotokopi KTP, pas foto ukuran 2×3 sebanyak 10 lembar, memiliki SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), mengisi Formulir Pendaftaran RAPI, mengikuti Bimbingan Organisasi (BO) RAPI dan membayar sekitar Rp350,000.-.

Untuk aspek teknis bagaimana memasang Rakom di motor serta berbagai aktifitas rekan-rekan RAPI dapat dilihat melalui melalui website RAPI RIDERS, atau juga website RAPI Indonesia. Untuk forum komunikasi Rakom juga dapat diakses melalui website Komunitas Honda-Tiger Indonesia.

Dibawah ini ada beberapa cuplikan foto pada saat saya mengikuti Bimbingan Organisai RAPI Wilayah Jakarta Barat, kemudian foto saat bersalaman dengan sesepuh RAPI, Bapak H. Eddie M. Nalapraya JZ09AAA, dan berikutnya adalah foto stasiun radio (Home Base Station) dengan perangkat sederhana ditunjang dengan 2 buah antena merek lokal.


Foto 3: Mengikuti BO (Bimbingan Organisasi) RAPI


Foto 4: Sesepuh RAPI Bapak H. Eddie M. Nalapraya JZ09AAA


Foto 5: Bersalaman dengan Bapak H. Eddie M. Nalapraya JZ09AAA


Foto 6: Home Base Station JZ10HRB


Foto 7: Antena luar home base station


Foto 8: Diskusi perihal kegiatan touring RAPI and HTML menggunakan HT

Categories: TIPS
  1. andre
    October 11, 2008 at 12:50 pm

    OM Steph
    Mo tanya donk. contact kemana yah kalo mau jadi anggota RAPI. saya tinggal di jelambar grogol jakarta barat. terus kalo buat pemula HT yg murah sama gampang dipake apa yah???
    bedanya icom v68 sama v8 apa om ?? makasih yah om

  2. October 11, 2008 at 5:55 pm

    @Bro Andre,
    Sekretariat RAPI Wilayah Jakarta Barat
    Gedung Walikota Jakarta Barat
    Jl. Raya Kembangan Lt 7,
    Jakarta Barat
    Telp (021) 70555545, (021) 70095451
    Email: rapi03jakbar@yahoo.com (sekretariat) atau jz09zwb@yahoo.co.id (Info)
    Website: http://www.jz09zwb.co.cc

    Buat pemula pake Icom V8 sudah cukup. Bedanya dengan V68: V8 lebih baru, V8 model ‘army look’. Kalau V68 terkenal audionya bagus, suku cadang gampang dicari, cuma barang secondnya yg bagus susah dicari.

  3. slamet mega .r
    October 22, 2008 at 3:20 am

    Om Steph,
    Saya juga mo numpang nanya nih, coz saya masih separuh awam di dunia RAPI. untuk daerah jakarta selatan kontak untuk jadi anggota RAPI itu kemana ? saya tinggal di jalan bangka pela, mampang prapatan.
    lantas untuk HT, saya punya WEIERWEI V-8808 (kalo saya tidak salah serinya spt itu). menurut Om Steph apa itu cukup feasibel bagi seorang pemula ? atau sebaiknya saya cari merek lain ?
    Terima kasih sebelumnya,

    salam,
    Slamet Mega .R

  4. October 22, 2008 at 11:11 am

    @ Slamet Mega,

    Untuk warga Jaksel silahkan tune frek.142.600 Mhz. Potong pembicaraan yang ada dan katakan anda adalah calon anggota yang mau bergabung. Dijamin rekan RAPI akan membantu dan memberikan alamat lengkap, maupun contact person.

    Atau kunjungi tempat Kopdar RAPI Jaksel yang masih bergabung dengan HTML Jaksel. Lokasi kopdar halaman parkir utara Cilandak Mal Jl. KKO Raya. Waktu kopdar setiap hari Rabu malam antara pukul 19.00 s/d 20.00 WIB.

    Perihal HT-nya, sudah cukup bagus untuk pemula. Kalau mau pancaran yang lebih jauh, pakai pesawat RIG.

    Salam,
    SL

  5. andre
    October 25, 2008 at 7:02 am

    Om stephen
    Lama yah om ngurus anggotanya. saya udah telp sama email. mereka bilang mo call back tapi blom juga om. thanks om

  6. November 2, 2008 at 5:52 am

    Salam kenal buat Bung Stephen. Saya anggota baru di RAPI Bekasi, setelah suami saya yang telah lebih dulu bergabung beberapa tahun yang lalu.

    Keinginan saya bergabung di RAPI sedikit banyak terinspirasi dari membaca blog-blognya Bung Stephen. Antara lain tentang kepatuhan sebagai pengguna radio amatir (harus memiliki callsign) dan juga kemudahan dalam mengurusnya.

    Ternyata memang mudah dan tidak berbelit-belit. Pengurus lokal dan wilayah dimana saya bernaung sangat membantu sekali. Untuk itu saya berterima kasih pada seluruh pengurus RAPI Bekasi, khususnya kepada JZ10LIF.

    Saya berharap dapat ikut berperan serta dalam kegiatan-kegiatan sosial RAPI.

    51-55 buat Bung Sephen.

  7. November 2, 2008 at 10:23 am

    @ JZ10LUX,
    Salam kenal 51-55..
    Selamat dengan call sign-nya yang bagus dan mudah diingat, dipanggil LUX alias sabun LUX.🙂
    Syukurlah jika weblog ini sedikit banya dapat memberikan inspirasi positif. Senang membacanya.
    Mengenai warga RAPI betul seperti yang anda katakan, cepat dan mudah diterima tanpa bertele-tele.
    Kapan waktu kita ketemuan di udara, di frekuensi PACUL Bekasi atau PACUL Bogor.
    Salam,
    JZ10HRB

  8. andre
    November 10, 2008 at 1:55 pm

    Om stephen Thankyu buat infonya.
    dah dapet call sign om
    JZ 09 ICT
    gampang banget om buat nya. bagian personalia jak-bar helpfull banget.
    Lebih tenang sekarang om kalo mo jalan bawa peralatan tempur.

  9. November 10, 2008 at 2:28 pm

    @ bro Andres,
    Sama2 bro.. emang begitu koq.. urusan dgn RAPI cepat dan mudah.
    Btw, dapet call sign bagus, JZ09ICT sering2 aja main di udara..
    Selamat ya..🙂

  10. andre
    November 10, 2008 at 5:06 pm

    oh iya om kalo warga jak bar main di frequensi berapa yah ????

  11. mBahmBong
    November 11, 2008 at 11:50 am

    Mohon maaf Bung Stephen ini alumni apa keturunan dari Pondok Pesantren Langitan Tuban ?

    Salam kenal..
    jz13gpe

  12. andre
    November 13, 2008 at 3:26 pm

    Om mo tanya soal booster buat HT donk. ada yg docking 30 watt ngga tau merk apa om,ada 1 lagi merknya RMS outputnya 45 watt max. mending ambil yg mana yah ??? kalo booster itu minimal pake power supply berapa ampere yah. dibawah 25 amp bisa ngga om. thanks om

    Andre
    JZ 09 ICT

  13. November 19, 2008 at 9:57 pm

    mo nanya ni om. Aye tinggal di Tangerang. Lantas ke mana saya harus mendaftar jika ingin ikut Rapi? Temen saya ad yang ikut FKPM. Enak mana RAPI sm FKPM? Trims nich sebelumnya..

  14. November 27, 2008 at 12:13 pm

    Wah mantap bro,gue juga biker,s HOTICK (Honda Tiger Club Kendari) juga anggota RAPI and ORARI kalo RAPI JZ 25 BO, salam kenal aja yah🙂

  15. Firman
    November 29, 2008 at 2:52 pm

    salam 51-55
    ak dari tangerang, apa blh saya menjadi anggota RAPI langsung ke PENGDA tidak melalui PENGLOK .om Sthepen. yang susah kan sekarang cari yang ngadain Bimbingan Organisasi (BO) . nah kadang2 lokal2 dari kita jarang menginformasikan. Jadi bisa tidak kalo temen2 ada yang mau ngadain BO kabari saya di Email : jayagiri_1002@yahoo.co.id atau telp. 021-99857258

  16. November 29, 2008 at 3:10 pm

    @ Firman,
    Ya boleh2 saja, asalkan pengurus lokal memang sudah tdk bisa membantu.
    Perihal BO RAPI, kalau ada akan di informasikan lebih lanjut. 51-55

  17. indra
    December 3, 2008 at 2:38 pm

    minta petunjuk dong om..
    saya mau jadi anggota RAPI, wilayah saya di gajah mada, dan menurut informasi yang Om tulis, saya bisa kontak ke
    Sekretariat RAPI Wilayah Jakarta Barat
    Gedung Walikota Jakarta Barat
    Jl. Raya Kembangan Lt 7,
    Jakarta Barat
    Telp (021) 70555545, (021) 70095451
    Saya sudah coba hubungi namun tidak mendapat respon balik..
    Jadi sy harus kontak kemana Om…???
    sekali lagi mohon petunjuk

  18. AL IDRUS KUSUMA
    December 3, 2008 at 10:39 pm

    1028 saya sdh 2 tahun tdk diperpanjang, dikarnakan 2 th yl saya pindah aktifitas, sehingga sama sekali tdk sempat untuk mengurus, saya mhn informasi lengkap untuk syarat perpanjangan kta saya , terima kasih, salam Rapi..

  19. andre
    December 4, 2008 at 1:04 pm

    bro indra
    kalo emang masuk wilayah jakarta barat bisa telp ke
    bp suroto / punky
    di 0815 8866 167
    dia personalia RAPI jakbar.
    tapi pastiin dokumen yg diperlukan dah lengkap baru telp untuk janjian ketemuan.
    kemarin itu g punya juga dia yg urus bro. semoga membantu
    sorry om stephen g mendahului.

    Andre
    JZ 09 ICT

  20. December 4, 2008 at 2:34 pm

    @ Bro Andre,
    Terima kasih sudah membantu.
    Saya masih klenang-klenong tapi anda sudah lebih dulu dapat data RAPI Jakbar.

    @ Al Idrus Kusuma,
    10-28 nya sudah kadaluarsa 2 tahun?
    Silahkan hubungi kembali Pengurus Lokalnya registrasi ulang.
    Kalau sudah pernah ikut BO, tidak perlu ngulang lagi.

  21. andre
    December 4, 2008 at 3:36 pm

    Om stephen
    09zwb itu wilayah mana yah ??? liat di http://www.rapiriders.co.cc mereka mo ngadain BO. kalo beda wilayah bisa ikut BO ngga yah??? thanks

    andre

  22. December 13, 2008 at 1:22 am

    Om Stephen, Pa kabar? msh inget saya gak? tahun 2006 lalu om stephen pernah daftar BO di jakbar melalui saya. Terima kasih atas bantuannya untuk memberikan informasi tentang RAPI khususnya di Jakarta Barat. Untuk rekan-rekan sekalian RAPI Wilayah 03 Jakarta Barat akan mengadakan Bimbingan Organisasi di Bulan Januari 2009, untuk informasi lanjutnya akan diumumkan di website RAPI Jakarta Barat http://www.jz09zwb.co.cc.

    Terima kasih,

    Salam,

    Andri

  23. December 13, 2008 at 11:32 am

    @Andri..

    Salam 51-55
    Wah.. tentu saja saya ingat. Dokumen foto BO RAPI Jakarta Barat ada ditas.
    Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan info website RAPI Wil. JAKBAR.

    Jadim disini ada pengumuman BO RAPI akan di adakan pada bulan Januari 2009.

  24. Iwan
    December 25, 2008 at 1:22 pm

    Halo…om….
    mo tanya nih ??
    saya ingin menjadi angota rapi
    1.ktp saya jakarta timur sedangkan stasion dan domisili saya bekasi kemana baiknya saya mendaftar

  25. December 25, 2008 at 5:40 pm

    Yg pasti urusan registrasi/pendaftaran jadi anggota RAPI harus sesuai KTP yang berlaku. Informasi pendaftaran tata cara menjadi anggota RAPI di Wilayah Jakarta Timur silahkan kunjungi website di bawah ini, dijamin ada yang membantu. Maaf, kami tak bisa memberikan no HP pengurus RAPI melalui internet.
    http://rapijakarta0506.com/index.php?option=com_content&view=article&id=55:tata-caramekanisme-pengurusan-ijin-ikrap-ippkrap-kta&catid=31:umum&Itemid=46

  26. January 4, 2009 at 11:40 am

    salam mamalisa ( lima satu lima lima),

    bagaimana caranya mbetulin ht v68 yang mati karena terbalik masang kabel powernya.
    tolong dong solusinya bagaimana……

    trims banget……

  27. January 6, 2009 at 9:31 am

    @Zaenal,
    Langsung aja bawa ke Glodok Harco lt. 2.
    Disana lengkap dan parts Icom V68 sangat pasaran.

  28. January 9, 2009 at 5:03 pm

    Saya KTP Jakarta Utara Kelapa Gading, Dimana saya mesti mendaftar untuk menjadi anggota ya? Barangkali ada rekan yang bisa bantu saya?

  29. teddy
    January 15, 2009 at 2:05 pm

    Hi Om..
    Saya baru main perangkat komunikasi ini, untuk jd anggota RAPI, untuk daerah Demak – Jawa Tengah tau gk om, tempat pendaftarannya,saya sudah coba email via website RAPI01 Semarang – Rapi-Nusantara.net belum ada jawabannya tuh n juga saya baru didaerah Demak ini, juga tolong alamat/web yang jual antena tuk 2 meteran terima kasih atas kerjasamanya.
    salam,
    Teddy-Demak

  30. raditya
    January 20, 2009 at 4:39 pm

    Om stefen salam kenal, saya denger mau ada BO di daerah selatan, kira2 dimana om? Kalo ada kabar mohon info nya om… terima kasih sebelumnya

  31. January 21, 2009 at 9:04 am

    @raditya,
    Ok, kalo sdh ada kabar BO kapan/dimana akan saya kasih infonya.

  32. January 21, 2009 at 2:59 pm

    @ raditya,

    copas dari milis jz09zws@googlegroups.com:
    rencananya lokal pesanggrahan tanggal 1 februari 2009

  33. raditya
    January 21, 2009 at 5:43 pm

    Trimakasih om atas infonya. dan 51-55 untuk anda dan keluarga, tapi nambah pertanyaan om saya KTP Cipinang Jaya Jakarta Timur untuk daftar ke lokal saya harus ke mana om … barangkali om stephen ada contac personnya untuk saya hubungi .. sekali lagi terima kasih om. 10-23

  34. January 26, 2009 at 8:19 pm

    salam kebanggaan 51-55

    salam kenal juga tentunya dari anak Kalimantan Selatan 10.20 Banjarbaru.
    KBRF 317 (143.170.0 MHz)…
    sampai jumpa lagi…. dan 73….

  35. January 26, 2009 at 8:59 pm

    @Achmad Yulian,
    Salam kenal bro.. salam RAPI 51-55 ya🙂

  36. January 28, 2009 at 9:04 pm

    salam kenal om stephen….
    saya mo tanya radio saya Icom IC-V8, apakah dah cukup untuk??? bagaimana mo daftar anggota RAPI?? saya tinggal di sekitar Pesanggrahan – Jakarta Selatan…..
    Terima kasih sebelumnya…

  37. January 29, 2009 at 9:03 am

    Informasi yang saya terima tadi malam di Kopdar HTML Jaksel (Rabu 28/1/09):

    Kepada teman2 yg ingin dan/atau serius menjadi anggota RAPI, atau kepada mereka yang belum pernah mengikuti BO RAPI, harap catat agenda ini:

    BIMBINGAN ORGANISASI RAPI
    Tanggal/Hari: MINGGU, 1 FEBRUARI 2009
    Pukul: 08.00 s/d selesai
    Biaya: Rp.50,000
    Penyelenggara: RAPI Jaksel Lokal Pesanggrahan

    Tempat:
    Bumi Perkemahan RAGUNAN Jaksel
    (seberang Departemen Pertanian, samping Jl. TB Simatupang

    Kontak Person: Pade YONO Ridan Sanradji JZ09DMM Hp. 081381527854

    Jumlah pendaftar 150 orang (sesuai kuota). Bagi yang serius dan langsung saja datang mendaftar ke lokasi acara pada pukul 07.00 pagi (datang lebih awal sebelum pukul 08.00; jika acara sudah mulai maka pendaftaran ditutup).

    Bagi pendaftar/calon peserta harap membawa:

    1. Fotokopi KTP = 2 lembar;
    2. Pasfoto 3×4 = 3 lembar;
    3. Uang tunai Rp.50,000
    4. alat tulis

  38. prawiranegara04
    January 29, 2009 at 9:16 pm

    Hi om Stephen….

    Saya tadi dah mengurus administrasi menjadi anggota RAPI n juga ikut BO hari minggu nanti, wah saya diterima dengan ramah dari pengurus di sekretariat RAPI Jakarta…
    Saya sekarang dah dapat call sign JZ09IGJ…
    Makasih ya om atas bantuannya…

  39. January 30, 2009 at 10:25 am

    @prawira04,
    Selamat ya sudah dapet call-sign JZ09IGJ. Keren bro..🙂 Sampai jumpa di acara BO hari Minggu 1/2/09 Buper Ragunan..

  40. tototiti
    January 31, 2009 at 9:24 am

    Salam Kenal Om Stephen,

    Saya ingin sekali menjadi anggota RAPI om, lokasi saya bandung daerah setiabudi mau minta tolong mungkin juragan tau dimana saya harus daftar untuk mendapat callsign, soalnya saya awam banget om, barangkali om steph bisa dapat informasi lebih mudah dari rekan2 sesama anggota karena saya cari di internet ga dapet om, terima kasih banyak sebelumnya ya om

  41. gungtra
    February 3, 2009 at 12:40 pm

    Selamat sore Om Stephen,

    Saya dari Denpasar Bali, mau tanya untuk menjadi keaanggotaan didaerah Bali dimana alamatnya. Terima kasih

  42. February 3, 2009 at 8:42 pm

    Salam kenal Om,…. and
    51-55 untuk anda tentunya. kami anak kalimantan selatan, Banjarbaru… lokal KBRF 317 Banjarbaru (143.170.0 MHz). kiranya dilain kesempatan dapat berkomunkasi 11MC atau dimanapun….oke…

    terima kasih,….Selamat berkarya… dan 73……

  43. February 6, 2009 at 10:02 am

    @ Tototiti,
    info mengenai RAPI Bandung Jawa Barat, hubungi ini:
    JABAR-JZ10ZZD
    Drs. Edy Suryadi, JZ10AFK Telp.022–7105957
    JABAR PIC: M. Fadlin Fuad, JZ10ACC Telp.022-66710148
    Jl. Kadipaten No.5 Antapane Bandung 40291

    Sumber: http://rapi-nusantara.net/pengurus/alamat-pengurus-rapi-daerah.html

  44. February 6, 2009 at 10:03 am

    @ Gungtra,
    info mengenai RAPI Bali, hubungi ini:
    BALI-JZ14ZZD
    I Wayan Puja Astawa, JZ14BA Telp.0361–228927
    BALI PIC : Drg.Suhendra,M.Kes, JZ14BC
    D/a DinKesSos Prop. Bali Jl. Cok Agung Tresna Denpasar 80037

    Sumber: http://rapi-nusantara.net/pengurus/alamat-pengurus-rapi-daerah.html

  45. February 13, 2009 at 3:02 pm

    51-55

    Om stephen, saya senang bisa bagi-bagi salam dengan om saya juga senang dengan RAKOM tapi namun ada beberapa kesulitan saya dan teman-teman karena peralatan RAKOM yang ada didaerah kami sangat terbatas termasuk aksesoris untuk di pergunakan di kendaraan. Mudahah-mudahan om nantinya bisa memberikan petunjuk yang lebih akurat. Terima kasih.

    JZ25LAW

  46. nas
    February 18, 2009 at 12:06 pm

    HT yg dipegang sama Bang Stephen itu HT apa? dan Seri berapa?

    thx.

  47. iwan
    February 20, 2009 at 9:28 pm

    mo nanya nih, maaf sebab saya pemula, ht saya icom v8, trus kalo ditempat saya di tuban jawa timur rata2 menggunakan radio pancar ulang (RPU) untuk memperlebar jangkauan, nah pada frekwensi tsb.selalu menggunakan simplek duplek, dan saya tdk dapat memprogram ht saya, saya tanya pada senior cuman dikasih tau untuk input di 14.212 dan duplek – 120, tolong dong..memprogramnya gmn?

  48. juan giovanni
    February 25, 2009 at 4:06 pm

    om saya pengen tanya
    kalau rapi ada ga di bekasi?&di mananya &jl ap sebutin secara lengkap ya om!!!
    biaya pendaftarannya berapa?
    saya juga pengen tanya fkpm di bekasi di manaya ya?

  49. JZ22HLO
    March 12, 2009 at 10:47 pm

    Salam kenal buat Bung Stephen. Saya anggota baru di RAPI Wilayah Bitung, .

    Keinginan saya bergabung di RAPI sedikit banyak terinspirasi dari teman-teman ngbreak yang rata-rata udah punya 10-28 dan banyaknya kegiatan yang mereka laksanakan pada club-club binaan.

    Ternyata memang mudah dan tidak sulit untuk pengurusan ijin nya. Pengurus lokal dan wilayah dimana saya tinggal sangat membantu sekali. Untuk itu saya berterima kasih pada seluruh pengurus RAPI wilayah juga pada RAPI Daerah 22 sulawesi utara karena sudah mengakomodir hobi dan permintaan pembentukan club-club station binaan, khususnya kepada JZ22FOX (selaku sekwil 02 bitung) dan kepada JZ22FAD (sekda 22 SULUT).

    Saya berharap dapat ikut berperan serta dalam kegiatan-kegiatan sosial RAPI. selanjutnya

    51-55 buat Bung Sephen.

  50. March 13, 2009 at 5:17 am

    @JZ22HLO
    wah mantap sekali RAPI Bitung… main di frekuensi berapa ya?
    Kasih info dong frekuensi aktif RAPI yg ada di seputar Minahasa,
    soalnya tempo hari pas lg di Tomohon cari teman RAPI, sepii sekali..
    Kirim salam buat JZ22TAR..🙂

  51. Yopi
    March 15, 2009 at 9:34 pm

    Malem bro stephen…….
    Mohon informasi neh, untuk alamat RAPI di Banyuwangi di mana yah………
    Saya juga pengen gabung jadi anggota.

    Trims – salam 51-55

  52. April 3, 2009 at 10:56 pm

    51-55 om stephen

    maaf ya om stephen baru sempat ke bls, kalo teman-teman RAPI wilayah bitung biasanya main di Freq. 143.500 Mhz (call wilayah 02), 143.000 (call daerah 22)
    atau di Freq. 142.720 (klub station binaan RAPI Bitung “Bitung Mandiri Creatif” atau BMC terus ada lagi di Freq. 143.150 (klub station binaan RAPI Bitung “Bitung Esa Network” atau BEN) untuk lebih jelas nya om stephen bisa kunjungi website nya rapibitung.blogspot.com

  53. April 3, 2009 at 11:00 pm

    eh iya kelupaan om stephen ada juga tuh yang maen di 11.415 terus salamnya ntar di sampein

    trim’s 51-55 om stephen

  54. Bobby
    April 14, 2009 at 8:08 am

    OM saya hubungi ke RAPI BANDUNG susuah banget ya, malah salah alamat, yang benernya tuh dimana yah….

  55. April 21, 2009 at 8:53 am

    om saya mau belajar rakom dari nol…
    mulainya dari mana yah???
    trus saya tngal di tangerang kalo mau daftar kemana ya???
    tolong bantuanya om…

  56. May 12, 2009 at 10:48 pm

    gimana cara menjadi anggota orari ikutan doong?

  57. May 15, 2009 at 9:24 am

    Senang bisa join di sini, saya Hermanto Prayitno ( ANTO ). Kenal Rakom sdh dari tahun 80-an ( ikut2an ORTU), sdh mengudara dari kelas 5 SD om. Sekarang saya bekerja, saya mau tanya neh…saya memiliki perangkat di mobil karena saya bekerja pada sebuah media cetak di lokal Tangerang maka saya merasa perlu memiliki perangkat tersebut…tapiii sampai saat ini saya tidak memiliki call sign. Kira-kira jadi masalah tidak bila saya tidak punya call sign tapi saya memiliki Press Card dan saya sangat memerlukan sarana komunikasi tersebut? Terima Kasih ya om saya tunggu respon anda

  58. toni sihombing (JZ10LJW)
    May 22, 2009 at 11:12 pm

    Salam Kenal om Stephen, salam rapi 51-55, saya anggota lokal 2 rapi bekasi wilayah 11 difrek 222, kapan ber 10 25 ya bro….thanks

  59. adi lagi bingung
    June 1, 2009 at 1:43 am

    hello om stephen, salam kenal, tolong dong om no contact person pengurus atau personalia RAPI wilayah jakrta pusat / salemba atau menteng, semua persyaratan sudah saya siapkan cuman bingung aja harus lapor kemana..thank u om stephen, mohon informasinya..salam sejahtera..ok

  60. wayan aman
    June 9, 2009 at 12:22 pm

    ada gak ya modul utk dipelajari bila jadi anggota RAPI, aku di bangli, bali daptarnya keman yach?

  61. michael
    June 14, 2009 at 1:16 am

    om ,,daftar rapi di kelapa gading dimana om?

  62. Tonny
    July 8, 2009 at 9:36 pm

    Sudah telat bos….hari gini masih pake nanya-nanya segala, itu alat sudah kuno…sudah out of order…beli baru dong yang lebih canggih. Thx.

  63. Ismuryanto
    July 11, 2009 at 8:03 am

    Saya dulu anggota RAPI, callsign JZ10MSI, tapi sdh lama gak aktif dan perangkat rakomnya juga sdh entah kemana.
    Kalo mau aktif di RAPI lagi msh bisa gak pake callsign yg dulu? Atau kalo mo daftar baru lagi utk wilayah jaksel dimana?
    Sekalian saya mau cari rakom yang bekas aja merek yaesu vx 1R ada yg mau jual gak?

  64. marthin kana
    July 16, 2009 at 11:40 am

    hallo bung stephen..
    saya mau tanya kalo gabung di bekasi timur, khususnya d bekasi jaya indah, saya harus menghubungi dimana ya ? thanks.

  65. Rully
    July 30, 2009 at 11:47 pm

    bro mw tnya cra dftr mnjdi anggota RAPI gmna sya tgl di condet jakarta timur…
    kira hrga smua perlengkpn tempurnya brp????

  66. Gelar Ramdhani
    August 2, 2009 at 12:06 am

    Salam Kenal Mas, Saya tertarik ingin masuk rapi akan tetapi saya 0 ga tau apa-apa. apa saja syaratnya masuk rapi? dan berapa budget yang harus saya keluarkan unuk administrasi serta beli rakom standar. Mohon bantuannya.

    Gelar Ramdhani
    Purwokerto-Jawa Tengah

  67. August 2, 2009 at 4:22 pm

    modal awal sekitar 500 s/d 600 ribu urusan rakom second HT 250 ribuam urusan masuk anggota rapi 300 ribuan urusan pendaftaran, cari anggota rapi yg sudah pakai call sign di purwokerto biasanya dgn senang hati mereka akan bantu memberikan arahan..

  68. August 13, 2009 at 1:06 pm

    Terima kasih mas atas informasinya

  69. August 13, 2009 at 1:27 pm

    sama2 bro.. semoga berguna..;)

  70. August 28, 2009 at 2:59 pm

    Bang Stephen Langitan

    Bagaimana pendapat anda dengan adanya perpaduan antara RAKOM dan perangkap Komputer yang bisa lebih memudahkan teman-teman di RAPI untuk saling ber 10-25 yang selama ini susah untuk di jangkau kalau cuma menggunakan RAKOM saja. Dengan adanya penemuan baru ini teman sudah pada ramai-ramai menggunakannya karena dapat mempertemukan teman-teman dari CB(HF), 2 meteran (VHF) dan PC Komputer berarti makin baik dong orang bergabung di RAPI. Ayo..ayo…ayo… bergabung……

  71. christianto
    September 23, 2009 at 11:35 pm

    salam knal…, klo untuk wilayah bima-ntb kira2 daftarnya dimana ya.. Thx

  72. asdar
    October 8, 2009 at 11:05 am

    nanya bang, apakah ada buku atau website call sing RAPI se Nusantara. Mohon infonya

  73. asdar
    October 8, 2009 at 11:17 am

    maaf salah ketik bukan call sing tapi call sign

  74. SL
    October 8, 2009 at 11:37 am

    @asdar, sebenarnya sih info yg beginia banyak, coba klik: http://rapiwil24depok.blogspot.com/ http://jz09zws.blogsome.com/

  75. Agus
    October 8, 2009 at 5:42 pm

    Om Step,

    Met kenal yah..

    Saya sudah bosen ma chating dan internetan, mau coba balik lagi ke radio komunikasi, cuma KTP saya Bandung dan saya kerja di Jakarta, jadi tadinya mau pasang di tempat kos saya, bisa kan boss ???

    Tolong yah informasinya.

  76. christianto
    October 8, 2009 at 9:51 pm

    om step… untuk kota Bima masih blm ada ya…., Thx

  77. SL
    October 9, 2009 at 5:44 am

    @Agus,jadi anggota RAPI yg penting punya KTP, hanya aja urusan call sign sesuai domisili KTP-nya di BDG; selajutnya mau aktif di JKT ya gak masalah.

    @Christianto, mau jadi anggota RapiI di Bima seharusnya bisa sih.. kalo dah punya alat Rakom-nya coba cari2 suara orang yg lagi ngebreak, kemudian tanyain gimana jadi anggota resmi Rapi.

  78. robby.ardiansyah
    December 17, 2014 at 10:00 pm

    Kalo mau daftar jd anggota rapi jakartaa timur..gmn caranya nya..sy tinggal di cipinang indah..mhn arahan nya mksh

  79. suhendi
    January 2, 2016 at 9:29 am

    Saya tinggal d tangerang…klo mau jd anggota rapi gmana caranya…dan mmbuthkan biaya brapa?

  80. Abdit
    January 15, 2016 at 5:14 pm

    Om step mau tanya saya ingin gabung rapi tapi saya ga tau lokasi sekretariatannya sy tinggal di kab Sidoarjo,Jatim dan adakah syarat2nya yg terbaru? Dan biaya adminnya brpkah om? Lalu saya pakai HT baofeng 888s bisa kah? Ato ada ketentuan lain makai HTnya? Lalu HT yg cocok dan mudah utk digunakan pemula om? Thx Om

  81. HERCULANUS RATNA SUPRABA
    January 22, 2016 at 12:29 pm

    Mohon info Om Step….saya berniat jadi anggota RAPI dan sesuai KTP lokal saya di-Cipondoh Tangerang Kota…apakah dapat diinfo sekretarian RAPI Lokal Cipondoh Tangerang ada dimana?.
    Terima kasih

  82. Gerry
    May 19, 2016 at 9:18 am

    Pagi Om Stephen,

    Saya pengguna baru HT, dan saya ingin sekali bergabung menjadi anggota RAPI.
    Saya tinggal di daerah Sentul City, Bogor.(Sesuai KTP).
    Tapi sehari-hari saya tinggal daerah kenari, salemba Jakarta Pusat.
    Karena sesuai aturan harus sesuai KTP.
    Mohon infonya OM sekretariat terdekat di daerah sentul daerah mana?
    Terima kasih Om Stephen.

    Salam,
    Gerry

  1. August 1, 2008 at 6:56 pm
  2. September 13, 2008 at 11:13 pm

Leave a Reply

