Home > REPORT > Nugroho Ducati Indonesia

Nugroho Ducati Indonesia


Sebenarnya bro Nugroho ini adalah teman satu lifting (red=angkatan) waktu sekolah di Sekolah Dasar Cendana dan SMP Cendana, Rumbai Pakanbaru Riau. Info lengkap mengenai sekolah Cendana ada di Wikipedia.

Ia juga, seorang teman bermain di komplek Rumbai, bahkan sama-sama aktif sebagai anggota Pramuka Gudep 59.

null
Foto lama sekitar tahun 1977: paling kiri Stephen Langitan dan paling kanan A.S. Nugroho. Lokasi foto di PLTA Danau Maninjau Sumatera Barat (sumber foto Dudy Gustiza http://www.facebook.com)

Yang paling diingat, ketika kami dulu sama-sama memulai belajar motor laki-laki di kala masih anak SMP. Motor Honda CG125 milik orang-tua, saya bawa untuk dipake belajar bersama bro Nugroho. Bagaimana memulai? Kami mencari sebuah jalan turunan untuk mempermudah motor cepat bergerak. Untung saja kami tidak sampai masuk jurang.

Setelah sekian tahun berpisah, pertemuan alumni melewati tahun 2000-an mulai diaktifkan.

Pada tahun 2005, ketika saya pulang touring dari arah Ciwedey Jawa Barat, ketika itu saya ikut bersama rombongan Touring HTML Jaksel, saya memisahkan diri dari konvoi dan mampir ke acara reuni angkatan lulusan Cendana Rumbai, yang pada saat itu sedang berlangsung di sekitar Taman Safari Cisarua, Jawa Barat.

Percakapan dan canda tawa bersama teman-teman lama, termasuk dengan bro Nugroho membuat suasana pertemanan sangat akrab sekali. Kemudian obrolan bro Nugroho dengan saya mengenai helm dan motor, karena ketika itu saya menenteng helm kedalam acara reuni tersebut. Bro Nugroho ketika itu menyebutkan jika ia sedang “hunting” motor Ducati yang katanya tidak dijual di Indonesia.

Mencari motor yang tidak ada di Indonesia? Ketika itu motor saya Honda Tiger tahun 2004, dan rasanya pembicaraan tidak nyambung, antara Honda Tiger dengan Ducati, apalagi motor yang dibicarakan tidak di jual di Indonesia. Saat itu pembicaraan motor sementara tidak berlanjut, kami pun larut dengan obrolan dan canda dengan teman-teman yang lain.

Tetapi, ketika saya hendak pulang meninggalkan lokasi acara reuni, bro Nugroho datang ke tempat parkir, dan ingin melihat motor Honda Tiger saya. Di areal parkir villa yang lagi hujan gerimis, pembicaraan perihal motor berlanjut lagi, dan isinya lebih banyak ngomongin box motor yang saya pakai. Saya katakan, saya menyukai touring, dan ternyata ia juga punya selera yang sama, yaitu touring.

Referensi flash back menceritakan masa lalu, maupun masa kanak-kanak para mantan Cendana Rumbai, informasi lengkapnya dapat dilihat melalui weblog Lulusan Cendana.

Kiri-kanan: Yoserizal, Apriadi, Nugroho, Stephen Langitan, Ampin (Foto thn 1980)

Pada awal tahun 2007, saya punya rencana touring menuju Sumatera yang harus dibicarakan saat Kopdar HTML di sebuah Warung HTML di Pasar Minggu. Persiapan turing ke Sumatera harus memerlukan informasi akurat dari berbagai sumber.

Kebetulan juga bro Nugroho Ducati Indonesia, mempunyai rencana yang sama yaitu punya agenda touring ke Sumatera. Mulai dari sinilah pertemuan kami berikutnya yang agak lebih serius, yaitu membicarakan perihal kegiatan motor dan touring.

Kalau dulu waktu saya ketemu bapak ini di Cisarua di tahun 2005, ia dulunya pernah sebut-sebut “hunting” atau mau mendatangkan motor Ducati, rupanya PT Supermoto Indonesia, dealer resmi Ducati Indonesia adalah bagian dari usahanya dalam industri motor di Indonesia, selain ia memiliki jabatan sebagai business corporate lawyer.

null
Kiri-kanan: Bro Hans, Stephen Langitan, Avilla, Nugroho, Ibu Lani (Foto: Sep. 2007 Outlet Motomart)

Sejak bro Nugroho memiliki motor Ducati di tahun 2005, sekaligus ia memangku jabatan President Director PT Supermoto Indonesia, tanpa terasa teman saya sejak masa kecil ini sudah beberapa kali touring ke Sumatera. Pada waktu itu ia sering ikut event touring nasional, bersama group moge lokal, maupun bersama rombongan Malaysia.

Suatu hari Jumat malam, kami janjian ingin membicarakan rute touring “HTML Goes To Southern Sumatera”, mengambil tempat di Warung HTML Pasar Minggu. Saat itu saya bersama 2 rekan, bro Pringgo dan bro Marko yang ikut menjemput bro Nugroho di Automall SCBD.

Sebuah kesempatan dari teman baik ini, ketika saya sudah ada di Automall dan siap mau berangkat bareng ke Pasar Minggu, dia menawarkan kepada saya riding Ducati Multistarada miliknya, sedangkan dia sendiri pakai motor Honda Tiger saya.

Tujuan Jumat malam itu ke Warung HTML di Pasar Minggu yang ketika itu banyak teman-teman dari komunitas HTML lagi pada ngumpul. Keramaian warung agak dikejutkan dengan kedatangan saya, karena mesin dan knalpot Remus dari motor Ducati Multistrada yang lumayan keras.

Singkat cerita, obrolan rencana turing Sumatera pun dimulai dan hanya beberapa brother HTML yang berminat dalam rencana touring jauh ini. Ia pun mengeluarkan note-booknya sambil memberikan masukan-masukan penting seputar rute yang bakal direncanakan.

Akhirnya waktu pun semakin larut dan kami harus pulang kerumah masing-masing. Pada saat kami akan berpisah di rumahnya di kawasan Cilandak, lagi sebuah kesempatan yang baik darinya, yaitu menawarkan ke saya untuk menjajal motornya selama week-end.

null
Foto bareng: Automall, 24 Agustus 2008

The End.


Categories: REPORT
  1. June 29, 2008 at 10:22 am

    Wah.. mantaff… Thx bro.
    Btw, koreksi dikit itu Monster Hitam yg dipakai ke serang typenya S4 (bukan 4R).🙂

  2. June 29, 2008 at 5:26 pm

    oh ya.. thanks utk koreksi. Maklum gak ngapalin tapi yg gw ingat motornya kenceng buanget.. hehehe….

  3. August 22, 2008 at 10:35 pm

    nice story bro…ditambah poto2 jadulnya yang keren2..

  4. BalQI
    August 30, 2008 at 8:29 pm

    wah….mantabs dah..

    ketemu teman akrab yang lama dan ga taunya punya hobi sama pula… and that’s a nice story you had..

  5. August 30, 2008 at 10:28 pm

    @BalQI,
    Thanks bro. Hari ini kami ketemuan lagi di acara Marlboro-Ducati Sentul, Bogor.

  6. widi goldduc
    March 1, 2009 at 4:09 pm

    good web bro! enak bacanya dan rasanya cukup banyak dilihat orang kalo liat hits nya.
    keep on track untuk menampilkan info2 terkini atau yang menarik dari dunia hobby roda dua.

    terima kasih bro Stephen Langitan saya berkesempatan menulis di blog anda, salam juga buat kawan anda bro Sani. saya mendapat “kado” jaket Ducati dari beliau, konon kabarnya jaket tersebut tidak banyak di Indonesia.

    regards,
    Widi GoldDuc

  7. March 2, 2009 at 7:16 am

    @bro Widi,
    Terima kasih atas comment-nya. Betul, lumayan jug hits blog ini.
    Kita terima masukannya perihal berita menarik seputar roda dua.
    Bro Agustus Sani juga punya weblog, jadi anda bisa berinteraksi:
    http://agustusnugroho.wordpress.com/

    Jaket Ducati? Wah.. anda sangat beruntung jika dapat jaket itu.🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: